EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG DI SMA KEBON DALEM SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran example non example dan jigsaw di SMA Kebon Dalem Semarang serta efektivitas model pembelajaran example non example dibandingkan dengan model jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi negara maju dan berkembang. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental design dan menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis data menggunakan nilai pretest dan posttest, uji hipotesis perbedaan dua rata-rata, uji n-gain, ketuntasan belajar klasikal, dan tanggapan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan uji n-gain sebesar 0,58 dengan kategori sedang. Ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 84% dengan kriteria tuntas pada materi negara maju dan berkembang. Sedangkan angket tanggapan siswa kelompok eksperimen merasa sangat setuju dengan pembelajaran example non example dengan hasil 45,2. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran example non example efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMA Kebon Dalem Semarang.