EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TIKTOK @INFOBMKG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI MITIGASI BENCANA ALAM DI KELAS XI IPS SMAN 2 BAE KUDUS

Main Article Content

Andhika Rizqy Heristama
Muh Sholeh

Abstract

Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan media pembelajaran video TikTok @InfoBMKG, 2) Menganalisis Seberapa besar efektifitas penggunaan media pembelajaran video TikTok @InfoBMKG dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS SMAN 2 Bae Kudus. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling, dengan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan tes, angket, observsi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase, uji t dan uji n-gain score. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran geografi mencakup perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Pada tahap perencanaan meliputi penyusunan silabus, RPP dan pemilahan Video TikTok InfoBMKG. Pada tahap pelaksanaan meliputi aktivitas belajar siswa, pemanfaatan media dan respon siswa. Pada tahap penilaian mencakup penilaian aspek pengetahuan. (2). Analisis uji t menunjukan perbedaan rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Analisis n-gain menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-gain di kelas ekseprimen mendapat nilai 0,685 berkriteria “Sedang”. Rata rata n-gain di kelas kontrol dengan media power point mendapat nilai 0,153 berkriteria “Rendah”. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video TikTok @InfoBMKG lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dari pada media power point (PPT).

Article Details

Section
Articles