PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP N 2 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Article Content

Viorina Kartika Novelia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP N 2 Ajibarang. Populasi dalam penelitian ini: (1) dua guru pengampu mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP N 2 Ajibarang (2) siswa kelas VIII SMP N 2 Ajibarang yang berjumlah 255 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive Random Sampling, adalah 2 (dua) guru mata pelajaran IPS dan 2 kelas dari 9 kelas yang berjumlah 57 siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Persentase dan Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penerapan prinsip-prinsip pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPS kelas VIII  sudah dalam kriteria sangat baik, mencapai 81,38%. Sebaiknya guru mata pelajaran IPS dalam pelaksanaan pembelajaran selalu menerapkan prinsip-prinsip pendekatan pembelajaran kontekstual. Bagi guru IPS sebaiknya menyediakan sarana dan prasarana yang membantu pembelajaran, seperti LCD ataupun alat peraga yang lain yang memebantu dalam pembelajaran.

 

This study aims to know the implementation of principles of Contextual Teaching Learning in Social Science subject of class VIII at SMP Negeri 2 Ajibarang. The population in this research: (1) two Social Scince teachers from class VIII in SMP Negeri 2 Ajibarang (2) all of students from class VIII SMP Negeri 2 Ajibarang, in total 255 students. The sample was taken by  Purposive Random Sampling technique; subjects were two Social Science teachers and 57 students of 347 students. The methods of analysing data used in this research were descriptive percentages and qualitative descriptive. The results showed that the implementation of principles CTL in subjects social scince at class VIII A is verry good, reaching 81.38%. It would be better if the teacher of sicial science applictes the principles of conetextual teaching learning in teaching learning process. For subject teachers in the learning process of social scince should facilitate the medium and infrastructure that are needed in teaching learning process.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Viorina Kartika Novelia, Gedung C1 Lantai 2 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu sosial, Universitas Negeri semarang, Indonesia