EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN APLIKASI BOT TELEGRAM MATERI DINAMIKA ATMOSFER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Main Article Content

Sabrina Oktavia Immaculata Yoga Saputri
Sriyono Sriyono

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran saat adanya pandemi Covid-19 yang terjadi awal tahun 2020 lalu. Selama masa pandemi, pembelajaran dilaksanakan dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pemanfaatan bot telegram pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Semarang. (2) Mengetahui hasil belajar geografi materi dinamika atmosfer menggunakan media bot telegram pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Semarang. (3) Mengetahui tingkat keefektifan media bot telegram yang meliputi hasil belajar, aktivitas belajar, dan respon atau tanggapan positif siswa dalam pembelajaran geografi materi dinamika atmosfer di kelas X IPS SMA Negeri 7 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain pre-post control group. Dilaksanakan di kelas X IPS SMA Negeri 7 Semarang dengan total sampel 72 siswa dari kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol dan X IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pemanfaatan aplikasi bot telegram pada kelas eksperimen X IPS 4 mencakup 3 tahapan, yaitu tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Pada variabel pelaksanaan pembelajaran diperoleh nilai kualitas silabus sebesar 88%, RPP sebesar 86,67% dan media pembelajaran  88,09% oleh dosen ahli media serta 81,90% oleh guru mapel. Tahap pelaksanaan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata aktivitas belajar sebesar 67,5% (tinggi) dan nilai rata-rata respon/tanggapan sebesar 78,83% (menarik). (2) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen didapatkan rata-rata nilai sebesar 82,17 sedangkan pada kelas kontrol didapatkan rata-rata sebesar 71,58. (3) Analisis uji perbedaan rata-rata terhadap hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai post-test pada kelas eksperimen dengan nilai post-test kelas kontrol.

Article Details

Section
Articles