STUDI KOMPARASI TENTANG PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR STUDY DENGAN METODE KONVENSIONAL BERMEDIAKAN SLIDE POWER POINT MATERI LINGKUNGAN HIDUP SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 01 KERSANA TAHUN 2014/2015

Main Article Content

Amaliyah Mu'milah
Moch. Ariefien

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antar menggunakan metode pembelajaran outdoor study dengan metode konvensional bermediakan slide power point . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain control group pre-test-post-test yang diterapkan pada kelas XI.IIS.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.IIS.2 sebagai kelas kontrol.  Pengambilan sampel menggunakan teknik randome sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes dan angket. Metode analisis data menggunakan uji t (t-test). Berdasarkan uji t-test dengan taraf signifikansi 5% dan dk (64) diperoleh  (5,952) >  (1,997) yang menunjukan ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran menggunakan metode outdoor study dengan metode konvensional bermediakan slide power point. Saran dalam penelitian ini adalah Metode pembelajaran outdoor study perlu diterapkan oleh guru sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran geografi.

Article Details

Section
Articles

References

Ani, Tri Cathrina dan RC, Fifai.I Achmad. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPTP UNNES Pers
Arsyad dan Azhar.2007.Media Pembeajaran. Jakarta :Raja Grafindo Pustaka
Baharuddin dan Wahyuni, Esa Nur. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta : Ar-ruzz Media
Husamah. 2013. Outdoor learning. Jakarta: Prestasi Pustakarya
Mulyasa, 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rienka Cipta
Vera Adelia. 2012. Metode Mengajar Anak Di Luar Kelas (Outdoor Learning). Jogjakarta: Diva Pers