KESIAPAN GURU GEOGRAFI DALAM MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-KABUPATEN BATANG

Main Article Content

Nirwanto Nirwanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kesiapan guru geografi dalam membuat perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 dan kendala-kendalanya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru geografi yang mengajar kelas X dengan kurikulum 2013 yang berjumlah 13 guru. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase Hasil penelitian menunjukkan kesiapan guru berdasarkan pengetahuan guru terhadap kurikulum 2013 dan perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori baik dengan skor 66,08 % sedangkan dari hasil observasi perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori baik dengan skor 67,99%. Berdasarkan hasil wawancara mengenai kendala internal sebanyak 11 guru (84,61%) mengalami kendala dalam memahami kurikulum 2013, dan 13 guru (100%) mengalami kendala dengan kurangnya waktu dalam membuat perangkat pembelajaran.  Sedangkan dari hasil wawancara mengenai kendala eksternal sebanyak 11 guru (84,61%) mengalami kendala dengan sarana pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kesiapan guru geografi dalam membuat perangkat pembelajaran berdasarkan pengetahuan guru dan kemampuan guru dalam membuat perangkat sudah termasuk kategori siap dan guru masih mengalami kendala baik internal dan eksternal.

This research have a purpose to know readiness of geography teacher when they make sets of learning equipment from curiculum 2013 and the problem. The population of this research is every teachers who teach class x with curiculum 2013. It have 13 teacher.  Analysis method of data uses presentatif description. The result of this research brings a data readiness of geography teacher whch based knowledge teacher about curiculum 2013 and set of learning equipment. The scor of its section is 66,08% and get on good catagory.  Then the result of evaluation set of learning equipment get scorr 67,99 % and included good enough catagory. The result of interview about internal problem that 11 teacher (84,61% ) have problem to understand curiculum 2013 and 13 teacher (100%) have problem becasue they have less time to make set of learning eqeuipmant. The result of interview about external problem that 11 teacher (84,61%) have a problem with learning tools. The conclusion of this research that readiness of geography teacher make set of learning equipment which based teacher knowledge and teacher capability to make set of learning equipment It is included ready catagory but teacher still have problem internal and external.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Nirwanto Nirwanto, Gedung C1 Lantai 2 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian.Jakarta: Rineka Cipta

________________ 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Mulyasa, H E.2013.Pengembangan dan Implementasi kurikulum 2013.Bandung: Remaja Rosdakarya

Undang-undang Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia

________. 2005. Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang: guru dan dosen. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia

Sugiyono.2007. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

________. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: alfabet