KONTRIBUSI PEMANFAATAN MEDIA MASSA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH STUDI BENCANA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN GEOGRAFI TAHUN 2015

Main Article Content

Afif Imanulloh

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mempelajari materi perkuliahan diperlukan media yang mampu mengakomodasi kebutuhan mahasiswa dalam pembelajarannya. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Studi Bencana sebanyak 162 mahasiswa. Sedangkan sampel dari penelitian ini diambil 25% dari populasi atau sebanyak 40 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan metode deskriptif persentase dan analisis product moment. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket.Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan deskriptif persentase hasil belajar mata kuliah Studi Bencana sebesar 64% atau dalam kategori sedang dan tingkat pemanfaatan media massa sebagai sumber belajar mata kuliah Studi Bencana adalah 79,5% dan termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan analisis product moment diperoleh hasil r_xy=0,426 > rtabel = 0,312 , jadi dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara kedua variabel.

One of the effort to improve students outcame in learning subject materials it required the media that is able to accommodate students neccessary in learning. Population of this research are students who take subject Disaster Studies of 162 students. While sample of this study are taken 25% of the population, or 40 students. This research is quantitative descriptive method and analyzes the percentage of product moment. Methods of data collection of this research is using questionnaire. Based on the research results by using descriptive percentage of learning outcame Disaster Studies subject of 64% or  medium category and the level of utilization mass media as a learning Disaster Studies  subject is 79,5% which is included into high category. Based on analysis of product moment result  rxy = 0.426>rtable= 0,312, it can be said that there is a relationship between two variables.

 

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Afif Imanulloh, Gedung C1 Lantai 2 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Darsono, Max. 2000. Belajar. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang

Sudjana, Nana. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Tankard, James W dan Werner J Severin. 2007. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana

Undang Undang . 1992. undang-Undang Republik Indonesia No 40 Tahun 1992, Tentang Pers.

Undang Undang. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.