PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN BERBASIS KURIKULUM 2013

  • Rizki Uliani Gedung E6 Lantai 2 FT Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Keywords: Assessment, Information System, curriculum 2013

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaiman mengembangkan sistem informasi penilaian berbasis kurikulum 2013, bagaimana pengujian sistem informasi penilaian berbasis kurikulum 2013, dan apakah sistem informasi penilaian berbasis kurikulum 2013 membantu guru dalam pengolahan nilai siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun dan mengembangkan sistem guna memberikan penilaian hasil studi siswa, menguji kelayakan sistem informasi penilaian berbasis kurikulum 2013, serta membantu guru dalam pengolahan nilai siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah mempermudah guru dalam pengolahan nilai siswa dan proses penilaian menjadi lebih efektif dan efisien. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam proses penelitian adalah system development life cycle (SDLC) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu analisis sistem, desain sistem, implementasi sistem, operasi dan pemeliharaan. Pengujian sistem menggunakan blackbox testing dan review pengguna menggunakan angket terbuka. Selanjutnya akan ditarik suatu kesimpulan secara deskriptif. Blackbox testing memfokuskan pada penguian fungsionalitas sistem. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi penilaian berbasis kurikulum 2013 dikembangkan untuk membantu guru dalam proses penilaian dan memberikan informasi nilai hasil studi siswa. Sistem informasi penilaian berbasis kurikulum 2013 dapat mempermudah guru dalam memberikan deskripsi atau catatan untuk setiap aspek mata pelajaran, serta membantu guru dalam perhitungan nilai sehingga menjadi lebih cepat dan akurat dibandingkan dengan perhitungan nilai secara manual.

 

The problem in this research was how to develop curriculum-based assessment information system of 2013, how the testing of curriculum-based assessment information system of 2013, and whether the information systems curriculum-based assessment in 2013 to help teachers in the processing of student grades. The purpose of this research was to build and develop a system to provide an assessment of the students' results, test the feasibility of curriculum-based assessment information system of 2013, as well as assisting teachers in the processing of student grades. The benefit of this study was to facilitate the processing of teacher and student assessment processes become more effective and efficient. System development methods used in the research process is the system development life cycle (SDLC) which consists of several stages of system analysis, system design, system implementation, operation and maintenance. Testing systems used blackbox testing and user review used an open questionnaire. And then the result showed by conclusion descriptively. Blackbox testing focused on system functionality. From the research it can be concluded that the information systems curriculum-based assessment in 2013 was developed to assist teachers in the assessment process and informed result study. 2013 curriculum-based information systems could facilitate the teacher in providing a description or notes for every aspect of the subject, as well as assisting teachers in the calculation of the value so that it became faster and more accurate than the calculation of the value manually.

Author Biography

Rizki Uliani, Gedung E6 Lantai 2 FT Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Teknik Elektro,
Fakultas Teknik, Unniversitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Pressman, Roger S. (2002). Rekayasa Perangkat Lunak :Pendekatan Praktisi (Buku 1). Yogyakarta : Andi

Jogiyanto, H.M, 2009, Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta : Andi.

Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Nugroho, Bunafit. 2008. Latihan Membuat Aplikasi Web PHP dan MySQL dengan Dreamweaver MX [6, 7, 2004] dan 8. Yogyakarta : Gava Media.

Indrajani. 2011. Perancangan Basis Data Dalam ALLin1. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, 2013, Model Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Alamsyah, 2011, Sistem Informasi Nilai Siswa Sekolah Dasar Sebagai Penunjang Dalam Pengambilan Keputusan, Smartek, Volume 9, No 4, November 2011, hlm. 287-299.

Rizki.A, Aristoteles, dan Widiarti.2012, Analisis dan Pengembangan Sistem Informasi Rapor Onlie Berbasis Web dan Mobile pada SMA Negeri 1 Gedong Tatan, Jurnal Komputasi, Vol.1. No.1.

Rohmawati. Kurikulum 2013, 87 Persen Guru Kesulitan Cara Penilaian, Sat 14 Desember 2013, diakses tanggal 28 Januari 2014, (http://unnes.ac.id/berita/87-persen-guru-kesulitan-soal-penilaian-kurikulum-2013/)

Fitri Prawitasari. Kurikulum 2013, Mendiknas Akui, Kurikulum 2013 Menyulitkan Guru, Selasa 4 Maret 2014, diakses tanggal 4 Maret 2014,(http://edukasi.kompas.com/read/2014/03/04/2001502/Mendiknas.Akui.Kurikulum.2013.Menyulitkan.Guru.

How to Cite
Uliani, R. (1). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN BERBASIS KURIKULUM 2013. Edu Komputika Journal, 1(1). https://doi.org/10.15294/edukomputika.v1i1.4119