Pengukuran Intonasi Suara Bass Pria Pada Media Pembelajaran Paduan Suara Jarak Jauh
Abstract
Aplikasi berbasis cloud menjadi sebuah produk yang sangat bermanfaat bagi pembelajaran termasuk media pembelajaran untuk kegiatan yang bersifat ekstrakurikuler seperti paduan suara di masa pandemi COVID-19. Aplikasi pembelajaran ini mampu membantu instruktur untuk menganalisis kemampuan calon anggota baru dan menentukan strategi yang tepat supaya harmoni dan melodi di dalam paduan suara tersebut terjalin dengan baik. Hal ini dapat diupayakan melalui penilaian intonasi sebagai salah satu fitur media pembelajaran tersebut. Penilaian intonasi dilakukan berdasarkan penentuan pitch error dan stabilitas nada pada jenis vokal bass pria. Pengembangan fitur di dalam aplikasi ini tidak dapat dilakukan secara biasa, teknik penilaian intonasi perlu diterapkan dengan baik karena intonasi berperan terhadap keselarasan nada. Penelitian ini merupakan penelitian pendahulu yang akan dikembangkan ke penelitian-penelitian berikutnya yang melibatkan nada lain dan dilaksanakan secara orkestra. Hasil penerapan teknik pada kegiatan ini menunjukkan tidak ada ketimpangan di antara vokal dari calon anggota baru paduan suara sebagai data uji dengan vokal anggota paduan yang disimpang di dalam database sebagai dataset.
References
Azani, Fasya. (2020). “Menghidupkan Paduan Suara Di Kala Pandemi Melalui Cara Virtual.” https://kumparan.com/fasyaazani/menghidupkan-paduan-suara-di-kala-pandemi-melalui-cara-virtual-1ujvew5q0pr/full.
B, Thomas Deacon, Tony Stockman, and Mathieu Barthet. (2017). 10525 Bridging People and Sound. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-67738-5.
Dai, Jiajie. (2019). “Modelling Intonation and Interaction in Vocal Ensembles.” Queen Mary University of London.
Dai, Jiajie, and Simon Dixon. (2017). “Analysis of Interactive Intonation in Unaccompanied SATB Ensembles.” Proceedings of the 18th International Society for Music Information Retrieval Conference, ISMIR 2017: 599–605.
———. (2019). “Singing Together: Pitch Accuracy and Interaction in Unaccompanied Unison and Duet Singing.” The Journal of the Acoustical Society of America 145(2): 663–75.
Dai, Jiajie, Matthias Mauch, and Simon Dixon. (2015). “Analysis of Intonation Trajectories in Solo Singing.” Proceedings of the 16th International Society for Music Information Retrieval Conference, ISMIR 2015: 420–26.
Holland, Simon et al. (2019). Springer Series on Cultural Computing Understanding Music Interaction, and Why It Matters. Springer International Publishing. http://dx.doi.org/10.1007/978-3-319-92069-6_1.
Kebudayaan, Menteri Pendidikan dan. (2020). “Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Virus Corona.” : 1–3. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/.
Pfordresher, Peter Q et al. (2010). “Imprecise Singing Is Widespread.” The Journal of the Acoustical Society of America 4(128): 2182–2190.
Setiawan, Afrizal Yudha, Dwiyana Habsary, and Indra Bulan. (2021). “Irtual Choir: Bentuk Penyajian Paduan Suara Di Masa Pandemi Covid-19.” In Prosiding Seminar Nasional Implementasi Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid 19: Peluang Dan Tantangan, , 22–29.
Subiantoro, Ignasius Herry. (2021). “Pelatihan Paduan Suara SDN Ciganitri 2 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung Di Masa Pandemi Covid-19.” Panggung 31(1): 35–52.
Sukmana, Septian Enggar, and Dewi Nurfitri Oktaviani. (2017). “Inkonsistensi Antara Hasil Pengukuran SSIM Dengan Kondisi Visual Citra Hasil Metode Denoising Berbasis Ant Colony Optimization.” Techno. Com 16(3): 315–24.
Ternstr¨om, Sten, and Johan Sundberg. (1988). “Intonation Precision of Choir Singers.” The Journal of the Acoustical Society of America 1(84): 59–69.
Wallace, Elizabeth M. (2020). “Acoustic Measures of the Singing Voice in Secondary School Students.” Louisiana State University and Agricultural and Mechanical College. https://digitalcommons.lsu.edu/gradschool_dissertations/5185.