Pengembangan E-modul Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

  • Salma Huwaida Nisrina Universitas Brawijaya
  • Retno Indah Rokhmawati Universitas Brawijaya
  • Tri Afirianto Universitas Brawijaya
Keywords: Pengembangan, E-modul, ADDIE, Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi, Project Based Learning, Flip PDF Professional, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengembangkan e-modul berbasis project based learning (PjBL). (2) Menerapkan e-modul pada mata pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan e-modul pada mata pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi di SMK Negeri 5 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni model pengembangan Research and Development (RnD) dengan mengadopsi model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian berdasarkan analisis peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, sehingga peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. E-modul dibuat dengan menggunakan FlipPDF Professional serta dilakukan validasi oleh para ahli. Validasi ahli materi mendapatkan rata-rata skor 88,61% tergolong sangat baik. Validasi ahli media mendapatkan rata-rata skor 87,75% tergolong sangat baik. Media pembelajaran diterapkan dengan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan menggunakan 1 kelas dengan jumlah peserta didik 32. Peserta didik mendapatkan 2 perlakuan yakni sebelum diterapkan (pre-test) memperoleh rata-rata 59,37, dan sesudah diterapkan (post-test) memperoleh rata-rata 78,56. Berdasarkan uji hipotesis Paired Sampel T-Test bahwa adanya pengaruh positif terhadap penggunaan e-modul dan adanya kenaikan nilai hasil belajar peserta didik. Artinya media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Rosda.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran (L. Pipih (ed.)). PT. Remaja Rosdakarya.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Daryanto, A. D. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (D. Purwanto (ed.); I). Penerbit Gava Media.

Erick Suryadi, P. G., Agustini, K., & Sugihartini, N. (2019). Pengaruh E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Desain Komunikasi Visual Di Smk Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(3), 302. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i3.13433

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi 9 (9th ed.). Badan Penerbit - Undip.

Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

Masyahadi, S. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Materi Pokok Apliksi Pengolah Simulasi Visual Tahap Produksi Untuk Siswa Kelas X Multimedia SMKN 1 Lamongan.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 40–49. https://doi.org/10.23887/jptk.v14i1.9880

Rijal. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). In Pendidikan (pp. 122–128). http://www.rijal09.com/2016/12/model-pembelajaran-berbasis-proyek-project-based-learning.html

Siregar, A. D., & Harahap, L. K. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Terintegrasi Media Komputasi Hyperchem Pada Materi Bentuk Molekul. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1925. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1925-1931

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (ed.); 3rd ed.). Penerbit Alfabeta.

Syaifullah, M. (2017). Pengembangan E-modul Berbantuan Simulator Sebagai Media Pembelajaran Pemrograman Web Kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 1 Surabaya. It-Edu, 2(02), 16–25.

Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustin, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Matematika. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 4(2), 188–199. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/viewFile/14021/9438

Winaya, I. K. A., Darmawiguna, I. G. M., & Sindu, I. G. P. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X Di Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 198–211. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8527

Published
2021-12-31
How to Cite
Nisrina, S. H., Rokhmawati, R., & Afirianto, T. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Edu Komputika Journal, 8(2), 82 - 90. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v8i2.48451