Kontribusi Iklim Kelas, Motivasi Berprestasi dan Pengalaman PKL terhadap Kompetensi Keahlian serta Dampaknya pada Kesiapan Kerja Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan

  • Dwi Agus Sudjimat Universitas Negeri Malang
  • R M Sugandi Universitas Negeri Malang
  • Vivi Eka Mariana Universitas Negeri Malang
Keywords: Iklim Kelas, Kesiapan Kerja, Kompetensi Kerja, Motivasi Berprestasi, Pengalaman PKL

Abstract

Dunia kerja saat ini mengalami tantangan global, yaitu Masyarakat Ekonomi ASEAN dan revolusi industri 4.0. Lulusan SMK dituntut mampu menghadapi tingginya persaingan global dan perubahan keahlian yang dibutuhkan dunia kerja. Oleh karena itu sangat penting membekali lulusan SMK dengan kesiapan kerja yang tinggi. Penelitian ex post facto ini bertujuan mengetahui kontribusi dari iklim kelas, motivasi berprestasi, dan PKL terhadap kompetensi keahlian serta dampaknya terhadap kesiapan kerja siswa SMK Kompetensi Keahlian TKJ. Jumlah sampel responden penelitian ini sebanyak 198 siswa SMK di Kota Malang, Jawa Timur. Pengumpulan data iklim kelas, motivasi berprestasi, pengalaman PKL dan kesiapan kerja menggunakan angket, sedangkan untuk variabel kompetensi keahlian menggunakan dokumen nilai yang dimiliki sekolah. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis jalur dengan dua sub-struktur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi yang positif antara iklim kelas terhadap kompetensi keahlian sebesar 8,8%, motivasi berprestasi terhadap kompetensi keahlian sebesar 16,4%, pengalaman PKL terhadap kompetensi keahlian sebesar 6,4%, iklim kelas terhadap kesiapan kerja sebesar 1,3%, motivasi berprestasi terhadap kesiapan kerja sebesar 5%, pengalaman PKL terhadap kesiapan kerja sebesar 2,1%, dan kompetensi keahlian terhadap kesiapan kerja sebesar 18,4%. Kesimpulan penilitian ini menunjukkan bahwa iklim kelas, motivasi berprestasi, pengalaman PKL, dan pencapaian kompetensi keahlian.

 

References

Alfan. M.Z. (2013). Pengaruh bimbingan karir dan lingkungan sekolah melalui motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas xii kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 2 Magelang. Economic Education Analysis Journal, 3(1).

Badan Pusat Statistik. (2020). Keadaan ketenagakerjaan Indonesia Februari 2020. Berita Resmi Statistik, 40.

BPS Indonesia. (2021). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2021. Badan Pusat Statistik, XXiI(91), 1–20.

Baiti, A. A., & Munadi, S. (2014). Pengaruh pengalaman praktik, prestasi belajar dasar kejuruan dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 164–180. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i2.2543

Boud, D., & Solomon, N. (2001). Work-based learning: a new higher education?. McGraw-Hill Education (UK).

Billett, S. (2011). Vocational Education: Purposes, Traditions and Prospects [1 ed.]. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Dalyono. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Eichhorst, W. & Rinne, U. (2012). A Roadmap to Vocational Education and Training Systems Around the World. Bonn: Iza.

Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: UNDIP.

Hadiyanto, H., & Syahril, S. (2018). Perbaikan Iklim Kelas untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi. 1–8. https://doi.org/10.31227/osf.io/z4cym

Handayani, U.S & Setiyani, R. (2015). Pengaruh prestasi akademik mata diklat produktif akuntansi, praktik kerja industri, dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Negeri 1 Kebumen Program Keahlian Akuntansi Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4 (3), 864 – 875.

Husna, R., Buwono, S., & Matsum, J. H. (2013). Pengaruh Iklim Kelas dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Ekonomi pada SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9).

Hyman, R. T., (1980). School Administrator's Handbook of Teacher Supervision and Evaluation Methods. New Jersey: Prentice-Hall, Englewood Cliffs.

Jannah, U., Suswanto, H., & Handayani, A. (2016). Kesiapan kerja di perusahaan isp, ditinjau dari pencapaian kompetensi administrasi server jaringan dan pelaksanaan prakerin bagi siswa smk paket keahlian tkj. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6).

Jayanti, R. D., & Sudarwanto, T. (2014). Pengaruh pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) terhadap hasil uji kompetensi keahlian siswa kelas XII TN SMK Negeri 2 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2(2).

Johnson, E.B. (2007). Contextual Teaching and Learning, Bandung, MLC.

Khosiyono, B. H. C., Pardjono, & Priyana, J. (2019). Redesigning English Learning Materials for Maritime Vocational Schools. https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.22

Kusumasari, N., & Rustiana, A. (2019). Pengaruh pengalaman ojt, fasilitas belajar, dan lingkungan pendidikan terhadap kesiapan kerja siswa melalui motivasi berprestasi. Economic Education Analysis Journal, 8(1).

Lestari, R.P. (2012). Tahun Ajaran 2011/2012 Efektifitas Pelaksanaan Prakerin di Sekolah dan Butik pada Siswa Kelas XI di SMKN 1 Engaran. (Online), (http://lib.unnes.ac.id/125 35/1/5401407005a.pdf, diakses 27 September 2020).

Lestari, P. (2014). Korelasi antara motivasi berprestasi dengan Hasil Pembelajaran PKN Siswa SDN 22 Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6), 1-13.

Moedjiarto. (2002). Sekolah Unggulan Pendidikan Partisipator dengan Pendekatan Sistem. Surabaya: Duta Graha Pustaka.

Murniati & Usman, N. (2009). Implementasi Manajemen Stratejik dalam Pemberdayaan Sekolah Menengah Kejuruan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Nurbaya, S. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan berwirausaha siswa smkn barabai kabupaten hulu sungai tengah kalimantan selatan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan UNY, 21(2). https://doi.org/10.21831/jptk.v21i2.3260

Oktavia, M., Sriwahyuni, T., & Sukaya, S. (2014). Kontribusi pengalaman prakerin dan kompetensi kejuruan terhadap kesiapan memasuki dunia kerja industri siswa program teknik komputer dan jaringan kelas XII di SMK N 2 Padang Panjang. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 2(1). https://doi.org/10.24036/voteteknika.v2i1.3272

Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Pardjono. (2011). Peran Industri dalam Pengembangan SMK. Makalah disampaikan dalam workshop Peran Industri dalam Pengambangan SMK, SMK Negeri 2 Kasihan, Bantul.

Prasetiya, B., Hadi, S., & Khoiriyah. (2018). Analisis kuantitatif korelasi pendidikan agama dalam keluarga dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pendidikan agama islam. Jurnal Al-Ta’dib, 11(2).

Pratiwi, A. S., Sudjimat, D. A., & Elmunsyah, H. (2017). Kontribusi daya kreativitas dan kinerja prakerin terhadap hasil uji kompetensi keahlian. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(2).

Rifa’i, A., & Anni, C. T. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 Unnes.

Sari, D. P., AR, R., & Deskoni, D. (2018). Pengaruh iklim kelas terhadap motivasi belajar peserta didik di SMAN 3 Tanjung Raja. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 80–88. https://doi.org/10.36706/jp.v5i1.5639

Sasmito, A. P., Kustono, D., & Patmanthara, S. (2015). Kesiapan memasuki dunia usaha/dunia industri (DU/DI) siswa paket keahlian rekayasa perangkat lunak di SMK. Teknologi Dan Kejuruan, 38(1).

Sirsa, I. M., Dantes, N., & Sunu, I. G. K. A. (2014). Kontribusi ekspektasi karier, motivasi kerja, dan pengalaman kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Negeri 2 Seririt. Jurnal Administrasi Pendidikan, 5(1).

Sudjimat, D.A. (2013). Pengembangan Kecakapan Kemampukerjaan untuk Meningkatkan Kualitas SDM Unggul Abad XXI. Malang: UM Press.

Tentama, F., & Riskiyana, E. R. (2020). The role of social support and self-regulation on work readiness among students in vocational high school. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 826–832. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20578

Tumanggor, R. O., & Dariyo, A. (2015). Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Resiliensi Akademik , Mastery Goal Orientation dan Prestasi Belajar. 978–979.

Uno, H.B. (2008). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Valid, Y. M., & Taman, A. (2013). Pengaruh Pengalaman Praktik Industri dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Yogyakarta. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1).

Wibowo, N. (2015). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23, 45–50.

Wijayanti, D. C., Muhsin & Rozi, F. (2017). Pengaruh lingkungan belajar, interaksi teman sebaya dan iklim kelas terhadap kesiapan belajar siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 947–959.

Yustina, A., & Sukardi, T. (2014). Pengaruh bimbingan kejuruan, motivasi berprestasi, dan kemandirian siswa terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII TKJ. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 181–194. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i2.2544.

Published
2021-12-31
How to Cite
Sudjimat, D., Sugandi, R., & Mariana, V. (2021). Kontribusi Iklim Kelas, Motivasi Berprestasi dan Pengalaman PKL terhadap Kompetensi Keahlian serta Dampaknya pada Kesiapan Kerja Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Edu Komputika Journal, 8(2), 100 - 109. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v8i2.51031