Pengembangan Mobile Learning Berbasis Pendekatan Matematik Realistik Pada Mata Kuliah Decision Support System

  • Achmad Hamdan Universitas Negeri Malang
  • Hary Suswanto Universitas Negeri Malang
  • Wahyu Nur Hidayat Universitas Negeri Malang
  • Kartika Candra Kirana Universitas Negeri Malang
Keywords: Mobile Learning, Realistic Mathematics, Decision Support System

Abstract

Mata kuliah DSS merupakan sajian mata kuliah wajib pada program studi PTI UM. Namun, mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami konten materi DSS. Hal itu dikarenakan materi DSS memerlukan logika matematika yang tinggi untuk mengembangkan suatu model matematika yang lebih kompleks. Maka untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan pengembangan media mobile learning dengan menggunakan pendekatan matematik realistik pada mata kuliah DSS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Terdapat lima tahapan dalam model pengembangan ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini diantaranya Ahli Materi dan Media yang berfungsi memvalidasi produk, serta Mahasiswa sebagai subjek uji coba dan pengimplementasian produk. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan belajar utama materi DSS yang sifatnya praktis dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun oleh Mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan produk berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media mendapatkan persentase rata-rata 80,71% dalam kategori layak dan 81,78 % dalam kategori sangat layak, serta hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar memperoleh persentase kelayakan rata-rata sebesar 81,61% dalam kategori sangat layak dan 88,33% dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hal itu, media pembelajaran yang dikembangkan sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.

References

APJII. (2019). Buletin APJII Edisi-40 2019. 6. https://apjii.or.id/survei

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Buchori, A., Rasiman, R., Prasetyowati, D., & Kartinah, K. (2015). Pengembangan Mobile Learning Pada Mata Kuliah Geometri Dengan Pendekatan Matematik Realistik Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(2), 113. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i2.2570

Carey, D. and. (1996). The Systematic Dessign of Instuction. Harper Collins Publishers.

Darmawan, D. (2013). Teknologi Pembelajaran Cetakan Ketiga. Remaja Rosdakarya.

Diana. (2018). Metode dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish.

Efraim Turban, Ramesh E Sharda, D. D. (2011). Decision Support and Business Intelligence Systems, 9th Edition. Pearson Education Inc.

Endang Mulyatiningsih, A. N. (2014). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. CV. Alfabeta.

Erlinawati, N. A., Suherman, U., & Darmawan, D. (2014). Media Pembelajaran Mobile Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Praktikum. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4), 298–310.

Gravemeijer, K. (2004). Local Instruction Theories as Means of Support for Teachers in Reform Mathematics Education. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 105–128. https://doi.org/10.1207/s15327833mtl0602_3

Hidayat, A. (2010). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning ( M-Learning ) Menggunakan Teknologi Web Mobile. Journal of Informatics Engineering and Communication, 1(1).

Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1792

Nealbert, J., Calimag, V., Miguel, A. G., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Eng-Ubiquitous Learning Environment Using Android-Luisa B. Aquino. International Journal of Research in Engineering & Technology, 2(2), 2321–8843.

Prasetyowati, D. (2015). Efektivitas Mobile Learning Pada Mata Kuliah Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Aksioma, 6(1), 1–8. http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/864

Putri, F. M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 19–26.

Rahmawati, E. M., & Mukminan, M. (2017). Pengembangang m-learning untuk mendukung kemandirian dan hasil belajar mata pelajaran Geografi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 157. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12726

Soedjadi, R. (2014). Inti Dasar – Dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.22342/jpm.1.2.807.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Widoyoko, S. E. P. (2013). Evaluasi program pembelajaran. Panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Pustaka pelajar.

Published
2021-12-31
How to Cite
Hamdan, A., Suswanto, H., Hidayat, W., & Kirana, K. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Pendekatan Matematik Realistik Pada Mata Kuliah Decision Support System. Edu Komputika Journal, 8(2), 110 - 118. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v8i2.51442