Media Pembelajaran Sistem Periodik Unsur Berbasis Android dengan Metode Self Directed Learning
Abstract
Mata pelajaran kimia sering kali dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang kompleks dan menantang. Konsep-konsep dalam kimia, termasuk Sistem Periodik Unsur, sering bersifat abstrak dan sulit untuk dipahami oleh beberapa siswa. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran yang tepat dan alat bantu yang efektif diperlukan untuk membantu siswa mengatasi kesulitan dalam memahami dan menguasai materi kimia. Media pembelajaran pada materi sistem periodik berbasis android menggunakan metode pembelajaran self directed learning merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Media yang dikembangkan akan diuji oleh ahli media dan materi untuk menilai kelayakan media sebelum diujikan kepada siswa. Hasil menunjukkan uji kelayakan ahli media sebesar 88,23%, uji kelayakan ahli materi 96,66%, uji coba kelompok kecil 90,22%, dan uji coba kelompok besar 89,33%. Dari keempat pengujian tersebut, aplikasi media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sistem periodik unsur berbasis Android dengan metode pembelajaran Self Directed Learning di SMA Negeri 1 Durenan sangat layak untuk menunjang kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Durenan.
References
Budoya, C. M., Kissaka, M. M., & Mtebe, J. S. (2019). Instructional design enabled Agile Method using ADDIE Model and Feature Driven Development method. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology (IJEDICT).
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Hamdan, A., Suswanto, H., Hidayat, W. N., & Kirana, K. C. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Pendekatan Matematik Realistik Pada Mata Kuliah Decision Support System. Edu Komputika Journal. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v8i2.51442
Helmi Zandra DN, F. (2016). Pengembangan Modul Digital Mata Pelajaran Produktif Multimedia Kompetensi Dasar Mengoperasikan Clapperboard Pada Kelas Xi Jurusan Multimedia Di Smk Negeri 2 Kediri. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan.
Kementerian, P. (2019). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia.
Lemmetty, S., & Collin, K. (2020). Self-Directed Learning as a Practice of Workplace Learning: Interpretative Repertoires of Self-Directed Learning in ICT Work. Vocations and Learning. https://doi.org/10.1007/ s12186-019-09228-x
Nisrina, S. H., Rokhmawati, R. I., & Afirianto, T. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Edu Komputika Journal. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v8i2.48451
Rini, R., Mujiyati, Sukamto, I., & Hariri, H. (2022). The Effect of Self-Directed Learning on Students’ Digital Literacy Levels in Online Learning. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15318a
Rozi, F., Kurniawan, R. R., & Sukmana, F. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika). https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.2180
statcounter GlobalStats. (2018). Operating System Market Share Worldwide | StatCounter Global Stats. In statcounter GlobalStats.
Yusnidar, E. dan L. E. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Pada Materi Sistem Periodik Unsur Menggunakan Edmodo Berbasis Social Network Untuk Siswa Kelas X Ipa 1 Sma N 11 Kota Jambi. Journal of Chemical Information and Modeling.