EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN MENGENAL KOMPONEN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TKJ SMK MA’ARIF NU 1 AJIBARANG BANYUMAS

  • Setya Prahestin Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Learning Outcomes, Guided Discovery Learning

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaraan guided discovery untuk meningkatkan hasil belajar pokok bahasan mengenal komponen elektronika siswa kelas X program keahlian TKJ SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Banyumas. Tujuan utama tersebut dapat dirinci sebagai berikut: (1) untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model guided disovery learning, (2) untuk mengetahui seberapa besar efektivitas model guided discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar pokok bahasan mengenal komponen elektronika siswa kelas X program keahlian TKJ SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Banyumas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ A SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang dengan jumlah 47 siswa. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif persentase. Hasil penelitian ada peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil nilai tes. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada tahap pra siklus yaitu 4,26%, ketuntasan belajar klasikal pada siklus I yaitu 65,96% dan pada siklus II meningkat menjadi 95,74%.  Peningkatan Efektivitas pembelajaran pra siklus dan siklus 1 sebesar 68,53%, sedangkan peningkatan efektivitas pembelajaran siklus I dan Siklus II sebesar 11,74%. Peningkatan efektivitas pembelajaran pada tahap pra siklus dan siklus II mencapai 88,33%. Kesimpulan penelitian ini adalah model guided discovery learning (penemuan terbimbing) efektif untuk meningkatkan hasil belajar pokok bahasan mengenal komponen elektronika siswa kelas X SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Banyumas.

 

The main objective of this study was to determine the effectiveness of guided discovery learning models to improve the learning outcomes of the subject recognize electronic component class X program expertise TKJ SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Banyumas. The main objective can be specified as (1) to determine whether there is an increase in student learning outcomes after using disovery guided learning models, (2) to determine how much the effectiveness of guided discovery learning model to improve learning outcomes recognize the subject of electronic components class X program expertise TKJ SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Banyumas. This research method uses classroom action research method. The subjects were students of class X TKJ A SMK Maarif NU 1 Ajibarang as many as 47 students. Collecting data in this study is using the test methods and observations. Descriptive data uses analysis techniques percentage. The results of the study there was an increase in student learning outcomes can be seen from the results of the test. Mastery learning students on stage in the classical cycle ie pre 4.26%, completeness classical learning in the first cycle is 65.96% and the second cycle increased to 95.74%. Increased effectiveness of learning pre-cycle 1 and cycle by 68.53%, while increasing the effectiveness of the learning cycle I and cycle II was 11.74%. Increasing the effectiveness of learning in the pre cycle and second cycle reaches 88.33%. The conclusion of this study is a model of guided discovery learning (guided discovery) is effective to improve the learning outcomes of the subject know the electronic component class X students of SMK Maarif NU 1 Ajibarang Banyumas.

Author Biography

Setya Prahestin, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Depdiknas. 2003. Undang undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta : Depdagri.

Desy, Anwar. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Amelia Surabaya.

Dimyati. dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful B. dan Zain, A. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

¬¬¬¬¬¬¬¬¬

Hamalik, O. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hanafiah, N, atal. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Rafika.Aditama.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Bandung : Rajawali Pers.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Madyo, Eko Susilo dan Kasihadi. 1985. Dasar-Dasar Pendidikan. Semarang : Effhar Offset.

Muhadi, Y.2010. Media Pembelajaran Suatu Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Murni, W, atal. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Poerwadarminta. 1994. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Jakarta: PT. RemajaRosda.

Rochmiyati, Nazillatur. 2010. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Semester 2 Pada Materi Reduksi-Oksidasi di SMA Negeri 1 Bergas Tahun ajaran 2009/2010â€. Skripsi. Semarang: UNNES.

Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung : Alfabeta.

Slameto.2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemosasmito,Soenardi. 1988. Dasar, Proses, dan Efektivitas Belajar Mengajar Penjas. Jakarta: P2lptk.

Sudjana, N. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiri. 2004. Elektronika Dasar dan Peripheral Komputer. Yogyakarta : Andi Offset.

Suherman, Eman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : UPI.

Trianto.2009. Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Udin S Winataputra, atal. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Wahidmurni, Alifin Mustikawan, dan Ali Ridho. 2010. Evaluasi Pembelajaran:Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera.

Published
2014-10-01
How to Cite
Prahestin, S. (2014). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN MENGENAL KOMPONEN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TKJ SMK MA’ARIF NU 1 AJIBARANG BANYUMAS. Edu Komputika Journal, 1(2). https://doi.org/10.15294/edukomputika.v1i2.7765