SIHAPES (SISTEM INFORMASI HASIL PENILAIAN SISWA) BAGI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SMP NEGERI 7 SEMARANG
Abstract
Di SMP Negeri 7 Semarang sistem penilaian akademik siswa hanya menunjukkan hasil akhir dari segala aktivitas belajar yang dijalani oleh seorang siswa, sehingga proses- proses pembelajaran yang dijalani seorang siswa dari hari ke hari tidak terpantau. Oleh karena itu sangat diperlukan sistem informasi yang dapat memberikan kemudahan bagi siswa dan sekolah yang bersangkutan, dalam hal ini SMP N 7 Semarang, yaitu lebih memudahkan dalam pengelolaan nilai akademik siswa bagi pihak sekolah dan bagi siswa dapat mengetahui nilai akademik dari awal proses belajar disekolah sehingga siswa dapat meningkatkan prestasi akademiknya. Permasahan dalam penelitian ini adalah bagaimana cara membuat dan cara menguji SIHAPES (Sistem Informasi Hasil Penilaian Siswa) Sekolah Menengah Pertama di SMP N 7 Semarang. Metode yang penulis gunakan dalam melakukan penelitian SIHAPES (Sistem Informasi Hasil Penilaian Siswa) yaitu metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), sedangkan untuk menguji SIHAPES (Sistem Informasi Hasil Penilaian Siswa)  digunakan metode ekperimen dengan model One Shot Case Study dengan membuat sistem informasi hasil penilaian siswa di SMP Negeri 7 Semarang Berdasarkan hasil analisis SIHAPES yaitu beberapa aspek analisis PIECES sudah memperoleh hasil yang cukup baik. Salah satunya dapat dilihat dari hasil analisis kategori service, dimana presentase keseluruhan angket uji yang telah dibagikan, rata – rata masuk dalam rage kategori “Sangat Baikâ€. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata – rata hasil uji kepada dosen pakar yang memiliki nilai rata – rata 84,38% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baikâ€, hasil uji kepada guru dan administrator memiliki nilai rata – rata 89% dan termasuk kategori “Sangat Baikâ€, dan hasil rata – rata uji kepada siswa 85% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baikâ€. Simpulan hasil penelitian adalah bahwa Sistem Informasi Hasil Penilaian Siswa (SIHAPES) layak atau dapat digunakan untuk mengelola nilai hasil belajar siswa di SMP Negeri 7 Semarang.
In SMP Negeri 7 Semarang student academic assessment system only shows the end result of all learning activities undertaken by a student, so that the learning processes of students who lived a day to day is not observed. Therefore it is very necessary that information systems can provide convenience for students and schools are concerned, in this case the SMP N 7 Semarang, which is much easier in the management of student academic grades for the school and for the students to know the value of early academic learning in school so students can improve their academic achievement. Permasahan in this research is how to make and how to test SIHAPES (Student Assessment Information System) Junior High School in SMP N 7 Semarang. The method I use in doing research SIHAPES (System Information Results Student Assessment) is a method of research and development or research and development (R & D), whereas for the test SIHAPES (System Information Results Student Assessment) used experimental method to the model of One Shot Case Study with making information systems student assessment results in SMP Negeri 7 Semarang. Based on the results of the analysis of some aspects of the analysis SIHAPES PIECES have obtained good results. One of them can be seen from the results analysis service category, where the overall percentage of test questionnaires that have been distributed, the average - average entry in the rage category of "Very Good". It can be seen from the average - average test results to the faculty of experts that have value - average 84.38% are included in the category of "Very Good", the test results to teachers and administrators have value - average 89% and included the category "very Well ", and the average results - test average to 85% of students are included in the category of" Very Good ". Conclusion The results of the study is that the results of Student Assessment Information System (SIHAPES) worth or value can be used to manage student learning outcomes in SMP Negeri 7 Semarang.References
Jogiyanto. 2008. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
McLeod, Raymond & Schell, George P. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 2005. Undang Undang Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. sultra.kemenag.go.id/file/dokumen/PP19th2005StandarNasionalPendidikan.pdf (diunduh pada 30 Juni 2014)
Prasetyo, Eko. 2008. Pemrograman Web PHP dan MySQL Untuk Sistem Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Pressman, Roger S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak :Pendekatan Praktisi (Buku 1). Yogyakarta : Andi.
Respati, Ragil Bayu. 2013. Persepsi Pengguna Terhadap Kinerja Online Public Accsess Catalog (OPAC) Badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur (Studi Deskriptif Analisa Sistem Informasi OPAC Badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur dengan Menggunakan Analisis Pieces). http://journal.unair.ac.id/filerPDF/jurnal%20ragil.pdf (diunduh pada 1 Juni 2014).
Srikandi, Gugus. Pengertian, Tujuan Dan Prinsip Penilaian Hasil Belajar. http://kkg-srikandi.blogspot.com/2013/09/pengertian-tujuan-dan-prinsip-penilaian.html. Diakses pada tanggal 10 Maret 2014
Sugiyono, Prof. Dr. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.
Whitten, Jeffrey L. 2001. System Analysis And Design Methods 5th Edition. New York: McGraw-Hill Companies.
Wicaksono, Angki. 2012. Perancangan Sistem Akuntansi Penjualan Tunai Terkomputerisasi pada Al Ishba Karpet. http://journal.uny.ac.id/index.php/nominal/ article/download/991/794 (diunduh pada 30 Juni 2014).
Wikipedia. 2014. HTML. http://id.wikipedia.org/wiki/HTML. Diakses pada tanggal 10 Maret 2014.
Wikipedia. 2014. MySQL. http://en.wikipedia.org/wiki/MySQL. Diakses pada tanggal 11 April 2014.