PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ZENER DIODE SPECIFICATION BERBASIS FLASH UNTUK MENUNJANG MATA KULIAH ELEKTRONIKA
Abstract
Mata kuliah elektronika di jurusan Teknik Elektro Unnes mempunyai alat HBE-B3E. Namun alat praktikum tersebut jumlahnya terbatas. Keterbatasan jumlah alat tersebut menjadi kendala tersendiri bagi mahasiswa untuk mempelajari materi dioda zener. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah membuat media pembelajaran alat praktikum HBE-B3E mengenai materi Zener Diode Specification berbasis flash untuk menunjang mata kuliah elektronika dan apakah media pembelajaran layak digunakan untuk menunjang mata kuliah elektronika. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media pembelajaran alat praktikum HBE-B3E mengenai materi Zener Diode Specification berbasis flash dan melakukan uji kelayakan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Pengujian dilakukan oleh ahli media dan ahli  materi kemudian dilanjutkan dengan uji produk pada mahasiswa. Pengambilan data dari responeden menggunakan metode angket dengan menggunakan skala likert. Media pembelajaran alat praktikum HBE-B3E mengenai Zener Diode Specification berbasis flash dibuat melalui lima tahap yaitu mempelajari cara kerja alat praktikum HBE-B3E, menyusun komponen animasi media pembelajaran, membuat komponen tampilan menu utama, membuat simulasi dioda zener, dan menyusun materi dan komponen-komponen pendukung dari media. Pada uji kelayakan ahli materi mendapatkan skor 84,28% yang masuk dalam kategori setuju. Pada uji kelayakan ahli media mendapatkan skor 80% yang masuk dalam kategori setuju. Hasil penelitian pada mahasiswa menunjukkan pada aspek kelayakan hasil program mendapat skor 76% yang masuk dalam kategori setuju. Pada aspek keefektifan bagi mahasiswa mendapat skor 77,39% yang masuk dalam kategori setuju. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Zener Diode Specification berbasis flash layak digunakan sebagai media penunjang mata kuliah elektronika.
Â
Electronics courses at the Department of Electrical Engineering Unnes have HBE-B3E tool. However, the number of practical tools is limited. The limited number of these tools becomes a problem for students to learn the material of zener diode. Issues raised in this research is how the media learning lab tool HBE-B3E about material Zener Diode Specification flash-based courses to support the electronics and if feasible instructional media used to support the electronic courses. The purpose of this research is to make learning mediaHBE-B3E tool lab about Zener Diode Specification based-flashmaterialand do expediency experiment study. The method which is used in this research is the Research and Development (R & D). The experiment is done by media and materials expertsthen continued with the product test on the students.Taking over data from respondent use questionnaires with likert scale. Instructional lab tool HBE-B3E media about Zener Diode Specification-based flash is made through five stages: studying the workings of HBE-B3E practical tools, compose an animation component of instructional media, making the main menu display components, making simulation zener diode, and compose materials and supporting components of the media. In the materials feasability test get score 84.28% are included agree category. In the media feasability test get a score 80% are included in the agree category. Results of research on college students show the feasibility aspect of the program results get score 76% are included in the agree category. In the effective aspect for student get score of 77.39% in category of agree. So it can be concluded that the instructional Zener Diode Specification media fit to use as supporting media electronics courses.
References
Adobe System Incorporated.2014. Flash CS6 Professional system requirements [Online]. Tersedia : https://helpx.adobe.com/flash/system-requirements.html. [accessed 24 Maret 2014]
Arsyad, Azhar. 2008. Media Pembelajaran, Ed. 1 – 10, Jakarta : Rajagrafindo persada.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hamzah B, 2008. Profesi Kependidikan (Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan Indonesia, Ed. 1, cetakan 3, Jakarta : Bumi Aksara.
Hanback Electronics.2009. Basic Experiment. Hanback Electronics CO., LTD.
Klasifikasi Media. http://kurtek.upi.edu/media/sources/. [accessed 26 Maret 2014]
Kristanto, Andi. Pengembangan Media Komputer Pembelajaran Multimedia Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Bagi Siswa Kelas 2 Semester I Di SMAN 22 Surabaya, (Online), Vol.10 No.2, (http://jurnal-teknologi-pendidikan.tp.ac.id/pengembangan-media-komputer-pembelajaran-multimedia-mata-pelajaran-fisika-pokok-bahasan-sistem-tata-surya-bagi-siswa-kelas-2-semester-i-di-sman-22-surabaya.pdf, diakses 10 April 2014)
Malvino A.P, 1994. Prinsip-prinsip Elektronika, 3rd ed, cetakan III, Jakarta : Erlangga.
___________, 2004. Prinsip-prinsip Elektronika, Buku Satu, Jakarta : Salemba Teknik.
Milman, 1997. Elektronika Terpadu (rangkaian dan sistem analog dan digital), 5thed, cetakan IV, Jilid Satu, Jakarta : Erlangga.
Pranowo, Galih. 2011. Kreasi Animasi Interaktif Dengan Action Script 3.0 Pada Flash CS5, Edisi 1, Yogyakarta : C.V. Andi Offset
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/index.php , diakses 2 April 2014)
Sedra, Adel S. 1987. Rangkaian Mikroelektronik, 2nded, cetakan II, Jilid Satu, Jakarta : Erlangga.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
Wikipedia, 2014, Sirkuit Elektronik [Online]. Tersedia : http://id.wikipedia.org/wiki/Sirkuit_elektronik. [accessed 30 Maret 2014]