PERENCANAAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTION PADA PELAJARAN TIK (KELAS VIII SMP N 39 SEMARANG)

  • Yahyati Aulia Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Slamet Seno Adi Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Computer Based Instruction, Information and Communication Technology, Learning Media, software validation, validation material

Abstract

Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) termasuk pelajaran yang cukup sulit bagi siswa di SMP N 39 Semarang, karena banyak membutuhkan hafalan. Metode Computer Based Instruction (CBI) merupakan metode yang memanfaatkan komputer sebagai media pembelajaran dan alternatif kemandirian dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara perancangan dan pembuatan media pembelajaran, dan mengetahui apakah media pembelajaran cukup efektif apabila diterapkan pada metode pembelajaran CBI. Metode pembelajaran ini cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dimulai dengan observasi, desain produk,pembuatan produk, validasi produk, dan penarikan kesimpulan. Hasil validasi menunjukkan kesesuaian materi dengan silabus mencapai 93%, relevansi menurut guru 82,5% sedangkan menurut siswa 81,41%. Isi materi pembelajaran menurut guru sudah mencapai 90% sedangkan menurut siswa 86,41%. Validasi perangkat lunak dalam aspek kemudahan pengoperasian mendapat persentase 87,5%, menu navigasi 83,75%, dan desain tampilan 95,45%. Kesimpulan yang bisa diambil, secara keseluruhan media pembelajaran efektif dan layak sebagai media pembelajaran.

Information and Communication Technology (ICT) lessons including quite difficult for students in public junior high school 39 Semarang, because it requires a lot of memorization. Method of Computer Based Instruction (CBI) is a method that utilizes the computer as an alternative medium of learning and independence in learning. The purpose of this study was to determine how the design and manufacture of instructional media, and find out if the media is quite effective learning when applied to teaching methods CBI. This is an effective learning methods used in the learning process. This study began with the observation, product design, product manufacturing, product validation, and conclusion. The tests showed the material conformity with the syllabus reached 93%, 82.5% relevance according to teachers by the students while 81.41%. Fill learning materials by teachers has reached 90%, while 86.41% according to the students. Validation of software in the aspect of ease of operation gets a percentage of 87.5%, menu navigation 83.75%, and 95.45% display design. Conclusions can be taken is overall learning media has feasible and effective learning media.

Author Biographies

Yahyati Aulia, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Slamet Seno Adi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Abdulhak, I. dan D. Darmawan. 2013. Teknologi Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT RAJAGRAFINDO PERSADA

SERÄ°N, O. 2011. The Effect of the computer-based instruction on the achievement and problem solving skills of the science and technology student. The Turkish online journal of educational technology (TOJET) 10(1): 183-201.

Siregar, A. A. 2014. Aplikasi Pembelajaran Tenses Menggunakan Metode Somputer Based Instruction (CBI). Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI) 4(3): 1-6.

Widiastuti, U. 2014. Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kompetensi Keahlian Persiapan Grafika Di Smk Raden Umar Said Kudus. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Published
2015-12-01
How to Cite
Aulia, Y., & Adi, S. (2015). PERENCANAAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTION PADA PELAJARAN TIK (KELAS VIII SMP N 39 SEMARANG). Edu Komputika Journal, 2(2). https://doi.org/10.15294/edukomputika.v2i2.7858

Most read articles by the same author(s)