Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kepercayaan Diri dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha

Main Article Content

Tata Cahyasari Kardiana
Inaya Sari Melati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan, kepercayaan diri dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha di kelas XI SMA Negeri 3 Semarang. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 441 siswa dengan jumlah sampel 210 siswa yang dihitung menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan, kepercayaan diri, dan ekspektasi pendapatan secara simultan berpengaruh terhadap minat berwirausaha sebesar 55,9%. Pendidikan kewirausahaan berpengaruh secara parsial terhadap minat berwirausaha sebesar 6,30%. Kepercayaan diri berpengaruh secara parsial terhadap minat berwirausaha sebesar 26,31%. Ekspektasi pendapatan berpengaruh secara parsial terhadap minat berwirausaha sebesar 11,56%. Saran dari penelitian ini yaitu guru bisa mengaktifkan kegiatan belajar siswa dengan cara karyawisata ataupun mengadakan seminar dengan mendatangkan tokoh wirausahawan yang sukses. Siswa bisa mengikuti organisasi kewirausahaan agar bisa meningkatkan rasa percaya diri. Ekspektasi pendapatan yang tinggi akan meningkatkan keinginan seseorang untuk menjadi wirausahawan.

Article Details

How to Cite
Kardiana, T., & Melati, I. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kepercayaan Diri dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1182-1197. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35712
Section
Articles