PENGARUH FASILITAS BELAJAR, PENGELOLAAN KELAS, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MA AL-ASROR KOTA SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar, pengelolaan kelas, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa MA Al-Asror Kota Semarang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Al-Asror Kota Semarang. Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa MA Al-Asror kurang optimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel bebas yang dikaji dalam penelitian ini adalah Fasilitas belajar (X1), Pengelolaan kelas (X2), Lingkungan Keluarga (X3). Variabel terikat adalah Hasil Belajar (Y2) dan Variabel intervening adalah Motivasi Belajar (Y1). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Metode analisis data yaitu analisis deskriptif persentase dan analisis uji jalur (path analysis). Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y1 = 3,515 + 0,371X1 + 0,32X2 + 0,290X3 dan Y2 = 50,776 + 0,245X1 + 0,272X2 + 0,210X3 + 0,263Y1. Hasil análisis jalur menunjukkan bahwa pengaruh langsung (FB-HB) sebesar 24,5%, (PK-HB) sebesar 27,2%, (LK-HB) sebesar 21%, (MB-HB) sebesar 26,3%, dan pengaruh tidak langsung (FB-MB-HB) sebesar 34,2%, (PK-MB-HB) sebesar 35,6%, (LK-MB-HB) sebesar 28,6%.
This research aims to determine the effect of learning facilities, classroom management, and family environment on learning outcomes through student motivation MA Al - Asror Semarang. The subjects were students of class XI MA Al - Asror Semarang. The background of this research is the student learning outcomes MA Al - Asror less than optimal. This research is a quantitative study. The independent variables were examined in this study is learning facilities (X1), classroom management (X2), Family Environment (X3). The dependent variable is the Learning Outcomes (Y2) and the intervening variable is motivation to learn (Y1). Data collection methods used are documentation and questionnaires. Methods of data analysis was descriptive analysis and analysis of the percentage of test paths ( path analysis ). The results were obtained regression equation Y1 = 3.515 + 0.371 X1 + 0.32 X2 + 0.290 X3 and Y2 = 50.776 + 0.245 X1 + 0.272 X2 + 0.210 X3 + 0.263 Y1 . The results of path analysis showed that the direct effect (FB - HB) by 24.5 % , (PK - HB) of 27.2 % , (LK - HB) by 21 % , (MB - HB) by 26.3 % , and indirect effect (FB - MB – HB) of 34.2 % , (PK - MB - HB) of 35.6 % , (LK - MB - HB) was 28.6 % .
Article Details
References
Dalunggu, Fatimah. 2013. “Pengaruh Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas X (AP). Skripsi. Universitas Gorontalo.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Ghofur, Abdul. 2013. “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi Melalui Student Engagement ada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 13 Semarangâ€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Khafid, Muhammad. 2008. “Faktor-faktor yang mempengaruhi Ketuntasan Belajar Akuntansi : Motivasi Belajar sebagai Variabel Interveningâ€. Lembaran Ilmu Kependidikan. Jilid 1. Nomor 1 Juni.
Khafid, Muhammad dan M. Suroso. 2007. “Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomiâ€. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 2 No. 2, hal. 185-204. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Pardede, Yeni Diana. 2012. “Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Fasilitas Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Methodist Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Negeri Medan.
RC, Ahmad Rifa’i dan Chatarina Tri Anni. 2009. â€Psikologi Pendidikanâ€. Semarang: UPT UNNES Press.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia
Tirtiana, Chandra Putri. 2013. “Pengaruh Kreativitas belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Power Point, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi pada Siswa Kelas X AKT SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013 (Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening)â€. Economic Education Analysis Journal. Volume 2. Nomor 2.
Usman, Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.