PENGARUH PERSEPSI ANGGOTA TENTANG KUALITAS PELAYANAN DAN TINGKAT BUNGA TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA DI KOPERASI SERBA USAHA BAROKAH KECAMATAN PATI KABUPATEN PATI

Main Article Content

Komariyatun Khasanah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi anggota tentang kualitas pelayanan dan tingkat bunga terhadap loyalitas anggota di Koperasi Serba Usaha Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi sejumlah 2256 anggota dan sampel 96 anggota. Metode pengambilan data yang digunakan adalah kuosioner dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier berganda, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan terdapat pengaruh kualitas pelayanan, dan tingkat bunga terhadap loyalitas anggota sebesar 71,5% secara parsial kualitas pelayanan. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 3,6% dan tingkat berpengaruh sebesar 4,5%. Dengan kualitas pelayanan dan tingkat bunga yang baik maka akan meningkatkan loyalitas anggota.

The purpose of this study was to determine the effect on service quality perceptions of members and member loyalty rate in the District Multipurpose Cooperative Enterprises Pati Pati. This research is quantitative, with a population of 2256 members and 96 members of the sample. The data collection method used was kuosioner and documentation. Methods of data analysis using descriptive analysis, multiple linear regression, and the classical assumption test. The results of the study are simultaneously showing any impact of service quality, and the interest rate to 71.5% for loyalty members in partial service quality. Partially affect the quality of services by 3.6% and the rate effect of 4.5%. With quality service and a good interest rate will increase member loyalty.

 

Article Details

How to Cite
Khasanah, K. (1). PENGARUH PERSEPSI ANGGOTA TENTANG KUALITAS PELAYANAN DAN TINGKAT BUNGA TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA DI KOPERASI SERBA USAHA BAROKAH KECAMATAN PATI KABUPATEN PATI. Economic Education Analysis Journal, 3(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4129
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro

Rusandi. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap loyalitas Anggota dan Calon Anggota Koperasi Simpan Pinjam Jasa Cabang Purwokerto. On line at http://journal.unnes.ac.id[di akses tanggal 2 April 2013].

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy. 2000. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. DanAnastasya Diana. 2001. Total Quality Management: edisirevisi. Yogyakarta: Andi Yogyakarta..

Uno, B Hamzah. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Widiyanti, Ninik.2002. Manajemen Koperasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta