PENGARUH CITRA, PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA KOPERASI WANITA PERSADA MANDIRI SALATIGA

Main Article Content

Ratna Dewi Ekawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Mendeskripsikan citra, pelayanan, kepuasan dan loyalitas anggota 2) Menganalisis besaran pengaruh citra terhadap loyalitas anggota 3) Menganalisis besaran pengaruh pelayanan terhadap loyalitas anggota 4) Menganalisis besaran pengaruh kepuasan terhadap loyalitas anggota 5) Menganalisis besar pengaruh citra, pelayanan, dan kepuasan secara bersama-sama terhadap loyalitas anggota pada Koperasi Wanita Persada Mandiri Salatiga. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 102 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling sebanyak 50 responden. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara deskriptif citra, pelayanan dan kepuasan baik. Pengaruh citra, pelayanan dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Sedangkan pengaruh citra, pelayanan dan kepuaan anggota secara bersama-sama terhadap loyalitas anggota diperoleh koefisien determinasi  R2 sebesar 0,929, yang artinya bahwa citra, pelayanan dan kepuasan anggota scara bersama berpengaruh terhadap loyalitas anggota sebesar 92,9% dan sisanya sebesar 7,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

This research aims at knowing 1) Describe the image, sevice, satisfaction and members loyalty, 2) Analyze the image influence massive on the members loyalty, 3) Analyze the service influence massive on the members loyalty, 4) Analyze the satisfaction influence massive on the members loyalty, 5) Analyze influence of image, service, satisfaction massive impact on the loyalty members on Koperasi Wanita Persada Mandiri Salatiga. The population of this research is 102 people. Sampling technique using simple random sampling, and obtained sample as many as 50 respondent. Questionnaire and documentation are methods for collecting the data. In analyzing the data, multiple linear regression is applied. The results of this research that that the descriptive image, service and satisfaction was good. Image, service and satisfaction influence positive and significant with loyalty. While the influence of image, service and members satisfaction together on members loyalty obtainable of analysis coefficient determination R2 value is 0,929, which mean that the image, service, and members satisfaction together on member loyalty value is 92,9% and the remaining amount of 7,1% is affected by the other variables.

Article Details

How to Cite
Ekawati, R. (1). PENGARUH CITRA, PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA KOPERASI WANITA PERSADA MANDIRI SALATIGA. Economic Education Analysis Journal, 3(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4130
Section
Articles

References

Irawan D Handi. 2003. Mengukur Citra Koperasi. Jakarta: Gramedia.

Jefkins, Frank. 2003. Public Relations. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip; A.B. Susanto. 1999. Manajemen Pemasaran di Indonesia..
Jakarta: Salemba Empat.

Nila Kasuma Dewi,SE, Gus Andri,SE.,MM, Sepris Yonaldi,SE.,MM. 2012. Pengaruh Iklan, Cira Merek, dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Vaseline Hand And Body Lotion di Kota Padang (Studi Kasus di PT. Uniever Cabang Padang).
Universitas Tamansiswa Padang, Volume 3, Nomor 2, Mei 2012.

Rangkuti, Fredy. 2002. The power of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan
Strategi Pengembangan Merk. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung:
PT.Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

------------------. 2006. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Wungow, Richie. 2013. Kualitas Layanan, Citra, Nilai dan Kepuasan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Rock Rand Manado. Universitas Sam Ratulangi, Volume 1, Nomor 3, Juni 2013