PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH, DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA SMA KELAS XI IPS SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG

Main Article Content

Iyut Sustiasih Sudikno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Latar belakang penelitian ini adalah prestasi belajar siswa kelas XI IPS yang kurang optimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel bebas yang dikaji dalam penelitian ini adalah Lingkungan Keluarga (X1), Lingkungan Sekolah (X2), Disiplin Belajar (X3). Variabel terikat adalah Prestasi Belajar (Y2) dan Variabel intervening adalah Motivasi Belajar (Y1). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Metode analisis data yaitu analisis deskriptif persentase dan analisis uji jalur (path analysis). Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y1 = 10,011 + 0,233X1 + 0,391X 2+ 0,522X3 +e1, dan Y2 = 71,062 + 0,227X1  + 0,704Y1 + 0,349X3 + e2. Hasil analisi jalur menunjukkan bahwa pengaruh secara tidak langsung (LK-PB) sebesar  22,7%, (LS-PB) sebesar 10,5%, (DB-PB) sebesar 34,9%, (MB-PB) sebesar 70,4% dan pengaruh secara tidak langsung (LK-MB-PB) sebesar 16,4%, (LS-MB-PB) sebesar 27,5%, (DP-MB-PB) sebesar 36,7%.

This research aims to determine the effect of on family environment, school environment, learning discipline on students’ achievements through student motivation SMA PGRI 1 Taman Pemalang. The subjects were students of class XI IPS Students of SMA PGRI 1 Taman Pemalang. The background of this research is the student’ achievements XI IPS Stuents of SMA PGRI 1 Taman Pemalang. This research is a quantitative study. The independent variables were examined in this study is family environment (X1), school environment (X2), learning discipline (X3). The dependent variable is the students, achievements (Y2) and the intervening variable is learning motivation  (Y1). Data collection methods used are documentation and questionnaires. Methods of data analysis was descriptive analysis and analysis of the percentage of test paths ( path analysis ). Based on the results analysis by multiple linear regression, regression equation Y1 = 10,011+,233 X1 +0.391 X2 +0.522 X3 +e1 and Y2 =71,062 + 0.227X1 +0.704Y1 +0.349X3 + e2. The results of path analysis showed that the direct effect (LK-PB) by 22,7%, (LS-PB) by 10,5%, (DB-PB) by 34,9%, (MB-PB) by 70,4% dan pengaruh secara tidak langsung (LK-MB-PB) by 16,4%, (LS-MB-PB) by 27,5%, (DP-MB-PB) by 36,7%.

Article Details

How to Cite
Sudikno, I. (1). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH, DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA SMA KELAS XI IPS SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG. Economic Education Analysis Journal, 3(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4131
Section
Articles

References

Khafid, Muhammad dan M. Suroso. 2007. “Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi”. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 2 No. 2, hal. 185-204. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sardiman A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajara Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sarwono, Jonathan. 2011. Path Analysis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Tirtiana, Chandra Putri. 2013. “Pengaruh Kreativitas belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Power Point, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi pada Siswa Kelas X AKT SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013 (Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening)”. Economic Education Analysis Journal. Volume 2. Nomor 2.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Perilaku Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Grasindo

Yusuf, Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Posdakarya.