EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR KEGIATAN POKOK EKONOMI SISWA KELAS VII SMP N 1 JATI KUDUS

Main Article Content

Dian Retno Astrini

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kefektifan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT Kompetensi Dasar kegiatan pokok ekonomi kelas VII SMP Negeri 1 Jati Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperiment. Penelitian ini mengambil populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jati Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Objek penelitian terdiri dari kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar antar kedua kelas dilihat dari nilai pre-test ke post-test. Berdasarkan penelitian diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 66,85 sedangkan nilai post-test sebesar 86,61. Pada kelas kontrol dengan menerapkan metode yang berbeda diperoleh nilai pre-test sebesar 68,71 sedangkan nilai post-test sebesar 79,02. Peningkatan hasil belajar dilihat dari nilai pre test-post test untuk kelas eksperimen sebesar 19,76 (24,38%) sedangkan untuk kelas kontrol 10,30 (14,63%). Diperoleh total efektivitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran TGT dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah bervariasi yaitu sebesar 9,46 (14,56%). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kompetensi dasar kegiatan pokok ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif TGT lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.

The purpose of this study is to determine the effectiveness of the implementation of cooperative learning methods TGT main activities on the basis of economic competence class VII SMP Negeri 1 Jati Kudus. The type of this study is eksperiment. This study is an experiment by taking the entire population of a class VII student of SMP Negeri 1 Jati Kudus school year 2012/2013. The object of research consists of a class VII C as an experimental class VII and class D as the control class. This study is an experiment by taking the entire population of a class VII student of SMP Negeri 1 Jati Kudus school year 2012/2013. The object of research consists of a class VII C as an experimental class VII and class D as the control class. The variables of this study consisted of learning outcomes ( Y ) and cooperative learning methods TGT ( X ). The method of data collection is done by documentation, observation, and testing. Methods of data analysis is done by applying a normality test, homogeneity, and hypothesis testing. The results showed that an increase in learning outcomes between the two classes seen from pre-test to post-test. Based on the study gained an average pre test control class is 66.85 while the experimental class was 68.71. after learning the different methods of post test values ​​obtained control class is 79.02, while the experimental class was 86.61. Based on the research that has been done can be concluded that the results of social studies, students learn the basic competencies principal economic activities using cooperative learning methods TGT significantly better compared to using conventional learning methods.

Article Details

How to Cite
Astrini, D. (1). EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR KEGIATAN POKOK EKONOMI SISWA KELAS VII SMP N 1 JATI KUDUS. Economic Education Analysis Journal, 3(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4140
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

--------------------------. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Djamarah. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kemp, Jerrold E. 1994. Proses Perencanaan Pengajaran. Bandung: ITB

Purwanto, M. Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana. 2005. Metode Statistik edisi ke-6. Bandung: Tarsito

Rohendi, Dedi dkk. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dalam Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK). Bandung: UPI

Tyasning, Diah Megasari. 2012. Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Game Tournaments) Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Minyak Bumi pada Siswa Kelas X-4 SMA Batik Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Dalam Jurnal Pendidikan Kimia. Surakarta: UNS