PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN SIKAP SISWA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA DIKLAT PRODUKTIF AP DI SMK NEGERI 2 SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar, minat belajar, motivasi belajar, dan sikap siswa terhadap keaktifan belajar siswa jurusan administrasi perkantoran pada mata diklat produktif AP di SMK
Negeri 2 Semarang baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X, XI, dan XII jurusan administrasi perkantoran SMK Negeri 2
Semarang. Pengambilan sampel dilakukan secara proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 176 siswa yang didapat dari rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 3,938 + 0,066 X1 + 0,164 X2 + 0,232 X3 + 0,507 X4. Secara simultan (uji F) diperoleh
Fhitung= 287,523 sehingga H1 diterima. Secara parsial (uji t) variabel kesiapan belajar (X1) diperoleh thitung= 2,639. Variabel minat belajar (X2) diperoleh t hitung=2,441. Variabel motivasi belajar (X3) diperoleh t hitung=4,824. Variabel
sikap siswa (X4) diperoleh t hitung= 6,372. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa kesiapan belajar, minat belajar, motivasi belajar, dan sikap siswa berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 86,8%. Hasil uji parsial
menunjukkan pengaruh kesiapan belajar, minat belajar, motivasi belajar, dan sikap siswa terhadap keaktifan belajar siswa masing-masing sebesar 3,92%, 3,35%, 11,97%, dan 19,18%.
The purpose of this research was to determine whether there is influence of learning readiness, learning interest, learning motivation, and student’s attitudes toward student learning activity office administration department with AP productive subject in SMK Negeri 2 Semarang either partially or simultaneously. This research is a quantitative study. The population isstudents of grade X, XI, and XII department of administration office of SMK Negeri 2 Semarang. Intake of sampel by proportionate stratified random sampling with amount of sampel counted 176 student come from Slovin formula with 5% error level. Methods of data collection using documentation and questionnaires method. The results showed that the multiple regression analysis equation is: Y = 3.938+ 0.066 X1 + 0.164 X2 + 0.232 X3 + 0.507 X4. Simultaneously (F test) obtained F calculated= 287.523 so that H1 is accepted. Partially (t test) variable learning readiness (X1) so obtained t = 2.639. Variable interest in learning (X2) t = 2.441. Learning motivation variable (X3) t = 4.824. Variable student attitudes (X4) t = 6.372. Simultaneous test results indicate that the readiness to learn, interest in learning, motivation to learn, and influence students' attitudes toward learning activity of students around 86,8%. Partial test results indicate that the readiness to learn, interest in learning, motivation to learn, and influence students' attitudes toward learning activ ity of students amounted to 3,92%, 3,35%, 11,97%, dan 19,18%.
Article Details
References
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar.
Jakarta: Bumi Aksara.
--------- 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:
Bumi Aksara.
Mulyani, Dessy. 2013. “Hubungan Kesiapan Belajar
Siswa dengan Prestasi Belajarâ€. Dalam Jurnal
Ilmiah Konseling. Volume 2 No. 1. Hal 27-31.
Padang: Universitas Negeri Padang.
Muslich, Masnur. 2010. KTSP (Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan
Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan
Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Usman, Moh. Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya