PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MEMELIHARA PERALATAN KANTOR SISWA KELAS X.3 AP SMK KRISTEN SALATIGA

Main Article Content

Septian Dwi Prasetyo

Abstract

Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar memelihara peralatan kantor sisiwa kelas X.3 AP SMK Kristen Salatiga. Penelitian ini menggunakan desain PTK. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X.3 AP SMK Kristen Salatiga. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dengan instrumen tes berupa soal pilihan ganda, dan instrumen nontes berupa lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil analisis data penelitian dari prasiklus, siklus I dan II mengalami peningkatan hasil belajar secara klasikal 46,88%, 62,50%, dan 90,63%, jadi ada kenaikan 15,62 % pada siklus I dan 28,13% pada siklus II. Sedangkan untuk rata-rata aktivitas siswa 63,63% pada siklus I dan 81,13% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar memelihara peralatan kantor siswa kelas X.3 AP SMK Kristen Salatiga, dengan keterlibatan siswa secara aktif selama proses pembelajaran berlangsung.

The goal is to determine whether the application of Student Team Achievment Division (STAD) cooperative learning model to improve the activity and learning outcomes maintain office equipment AP class X.3 students of SMK Christian Salatiga. The design of this study PTK. Research subject is a class X.3 student of SMK Christian AP Salatiga. The study consisted of two cycles, each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. Date obtained with the test instrument in the form of multiple choice questions, and a nontest instruments observation sheet. Date were analyzed by descriptive analysis techniques percentage. The results of the analysis of research data prasiklus, Cycle I and II was increased in the classical learning outcomes 46.88 %, 62.50 %, and 90.63 %, so there is an increase 15.62 % in the first cycle and 28.13 % in cycle II. As for the average activity of 63.63 % of students in the first cycle and 81.13 % in the second cycle. Based on the above results it can be concluded that the implementation of Student Team Achievment Division (STAD) cooperative learning model to improve learning outcomes activities and maintain office equipment AP class X.3 students of SMK Christian Salatiga, with the active involvement of students during the learning process takes place.

 

Article Details

How to Cite
Prasetyo, S. (1). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MEMELIHARA PERALATAN KANTOR SISWA KELAS X.3 AP SMK KRISTEN SALATIGA. Economic Education Analysis Journal, 3(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4145
Section
Articles

References

Agus Suprijono. 2009. Cooperatife Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mulyasa, Enco. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Slavin, E. Robert. 2008. Cooperatife Learning. Bandung: Nusa Media.

Suharsimi, Arikunto dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.