PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI BIDANG KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK HIDAYAH SEMARANG

Main Article Content

Iryandani Akhmad Sazali

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh konsep diri dan kedisiplinan terhadap kesiapan kerja siswa baik secara parsial maupun simultan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh konsep diri dan kedisiplinan terhadap kesiapan kerja. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa. Penelitian ini mengambil sampel keseluruhan populasi, dikarenakan jumlah siswa kurang dari 100. Ada tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini konsep diri (X1), kedsiplinan  (X2), dan kesiapan kerja (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskripsi persentase, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis (uji F, uji t dan uji koefisien determinasi). Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara konsep diri dan kedisiplinan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Hidayah Semarang baik secara simultan maupun parsial. Kontribusi secara simultan sebesar 57,2%, sedangkan secara parsial memberikan kontribusi sebesar 29,37% untuk konsep diri dan 24,6% untuk kedisiplinan.

The purpose of this research was to determine whether there is influence of selfconcept and discipline to work readiness students either partially or simultaneously. The problem in doing this study is whether there is self-concept and discipline to work readiness. The population in this research is 34 students’. This study is considered as population research because of the total number of students which was less than 100 students. There were three variables studied in this research;  self-concept (X1), disciphline (X2), and work readiness (Y). Methods of data collection using questionnaires, and documentation. This study used a descriptive analysis percentages, the classic assumption test, regression analysis, and hypothesis testing (F test, t test and test the coefficient of determination). The result of the research showed that there was influence of self-concept and discipline to work readiness in SMK Hidayah Semarang simultaneously and partially. The simultaneous contribution was 57,2%, mean while the partial contribution was 29,37% for self -concept and discipline was 24,6%.

Article Details

How to Cite
Sazali, I. (1). PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI BIDANG KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK HIDAYAH SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 3(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4147
Section
Articles

References

Isjoni. 2003. Artikel: SMK dan Permasalahannya. (online), (http://ptk/isjoni3.html, diakses 20 Mei 2013)

Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional), Jakarta: 2003.

Rakhmat, J.2000. Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Gunarsa, S. D. dan Ny. Y. Gunarsa, S. D. 1995. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Cet. Ke-7. Jakarta : PT. BPK. Gunung Mulia.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewa Ketut. (1993). Bimbingan Karir di Sekolah-sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia