Analyzing Students’ Entrepreneurial Intention Based on The Theory of Planned Behavior (TPB) With Internship as the Moderating Variable

Main Article Content

Tusyanah Tusyanah
Ashomatul Fadlilah
Fentya Dyah Rahmawati
Nurdian Susilowati

Abstract

Indonesia membutuhkan calon wirausaha yang mampu menekan angka pengangguran. Perguruan tinggi tidak hanya dituntut untuk menyiapkan alumni yang terampil; tetapi juga untuk menciptakan calon pengusaha. UNNES melakukannya dengan melakukan perubahan kurikulum. Kemudian, diberikan mata kuliah Kewirausahaan, Inkubator Perusahaan, dan magang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui niat berwirausaha siswa dengan magang sebagai variabel moderasi melalui Teori TPB. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi 228 siswa dan sampel penelitian 145 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan menelitinya dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh sikap, norma subyektif dan persepsi pengendalian perilaku berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat. Magang berhasil menjadi variabel moderasi untuk sikap, norma subyektif, dan persepsi kontrol perilaku terhadap niat berwirausaha. Sikap pengaruh langsung terhadap niat wirausaha adalah 34,5% dan naik menjadi 42,3% dimoderatori oleh magang. Pengaruh langsung norma subyektif terhadap niat berwirausaha adalah 25,9% dan naik menjadi 32,8% dimoderatori oleh magang. Kemudian, pengaruh langsung persepsi kontrol perilaku terhadap niat berwirausaha adalah 48,8% dan meningkat menjadi 51,5% dimoderatori oleh magang. Disimpulkan bahwa dengan magang mampu memperkuat minat wirausaha mahasiswa untuk berwirausaha. Karena itu; Program magang perlu dilanjutkan agar mahasiswa memahami bahwa kerja mandiri lebih menyenangkan daripada bekerja untuk orang lain.

Article Details

How to Cite
Tusyanah, T., Fadlilah, A., Rahmawati, F., & Susilowati, N. (2020). Analyzing Students’ Entrepreneurial Intention Based on The Theory of Planned Behavior (TPB) With Internship as the Moderating Variable. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 816-830. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42113
Section
Articles