EFEKTIVITAS STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTU MONOPOLI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Main Article Content

Feronika Febri Larasati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantu media permainan monopoli terhadap aktivitas dan hasil belajar akuntansi kompetensi dasar jurnal umum di SMA Negeri 1 Jepara tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dirancang menggunakan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling melalui pengundian, diperoleh kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu metode tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data aktivitas belajar ((sebelum perlakuan (statistik deskriptif, normalitas, homogenitas, kesamaan dua rata-rata) dan setelah perlakuan (statistik deskriptif, normalitas, homogenitas, uji hipotesis)) dan analisis data hasil belajar ((sebelum perlakuan (statistik deskriptif, normalitas, homogenitas, kesamaan dua rata-rata) dan setelah perlakuan (statistik deskriptif, normalitas, homogenitas, uji hipotesis)). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD berbantu media permainan monopoli dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta lebih efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi kompetensi dasar jurnal umum dibandingkan model pembelajaran konvensional. Saran

This study aims to prove the effectiveness of the learning model Student Team Achievement Division (STAD) assisted monopoly games media on learning activities and outcomes of the general journal of accounting competence in Jepara 1st State Senior High School academic year 2013/2014. This study is experimental research that designed with pre-test post-test control group design. Samples were taken with simple random sampling technique by lottery method, obtained in class XI IPS 2 as the experimental class and class XI IPS 4 as the control class. Methods of data collection are test and observation. Analyzed using learning activities and learning outcomes data ((before (statistic descriptive, normality, homogeneity, independent sample t-test) and after treatment (statistic descriptive, normality, homogeneity, hypothesis test. The results showed that the application of learning model STAD assisted monopoly games media can improve activities and outcomes and more effective than conventional learning model on learning activities and outcomes of basic competency accounting general journal. Suggestion of this research is expected that teachers apply the model STAD assisted monopoly games media as variation of accounting learning model and media in improving the learning activities and outcomes of accounting on the basis of competence general journal. But in the usage should consider the restrictiveness in order to be running maximally.

dari penelitian ini adalah guru dapat menerapkan model pembelajaran STAD berbantu media permainan monopoli sebagai salah satu variasi model dan media pembelajaran akuntansi yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Tapi dalam penerapannya harus memperhatikan keterbatasannya agar dapat berfungsi secara maksimal.

 

 

Article Details

How to Cite
Larasati, F. (2014). EFEKTIVITAS STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTU MONOPOLI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR. Economic Education Analysis Journal, 3(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4226
Section
Articles

References

Angga, Novi Tri. 2013. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media U-Lead”. Dalam Jurnal Pendidikan UNS, Vol 1 No 3 Hal 1s/d12. Surakarta: Pendidikan Ekonomi-BKK Akuntansi FKIP Universitas Sebelas Maret.

Febrina, Nuansa Ayu. 2012. “Peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas X Ak 3 Program Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012”. Dalam Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X No. 2 Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kurniawati, Afni. 2011. “Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Khusus Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Batang Tahun Ajaran 2011/2012”. Under Graduates thesis. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mananni, Chusnul. 2012.” Peningkatan Hasil Belajar Melakukan Surat Menyurat Melalui Student Teams Achievement Division”. Dalam Economic Education Analysis Journal, Volume 1 No. 1. Semarang: Jurusan Pendidikan Ekonomi FE Universitas Negeri Semarang.

Rifa’i, Ahmad dan Chatarina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRESS.
Riyanti. 2009. “Peningkatan Hasil Belajar IPA-Fisika Melalui Permainan Monopoli Bagi Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Gajah Demak Semester Genap Tahun Pelajaran 2008/2009”. Dalam Jurnal JP2F, Volume 1 Nomor 1. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Rofingatun. 2013. “The Effectiveness of Student Team Achievement Division (STAD) In Teaching Reading Comprehension At The Eleventh Grade Students of Vocational Senior High School Of Pembaharuan Purworejo In The Academic Year of 2012 / 2013”. Dalam Jurnal Bahasa Inggris. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Slavin, Robert E.. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Wulandari, Erma. 2012. “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantu Media Permainan Monopoli Dalam Peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2011/2012”. Dalam Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Volume 10 No. 1 Hal 135-161. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.