EFEKTIVITAS METODE STAD BERBANTUAN MODUL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI MATERI JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan observasi awal diketahui hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N 2 Kendal pada materi jurnal penyesuaian menunjukkan masih banyak yang belum mencapai KKM. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode STAD berbantuan modul berbasis pendidikan karakter lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi jurnal penyesuaian dan dapat membentuk karakter siswa menjadi lebih baik. Metode pengumpulan data yaitu dengan tes dan observasi. Pengujian H1 yaitu menggunakan uji paired sample t-test dan uji H2 menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dengan metode STAD berbantuan modul berbasis pendidikan karakter dilihat dari rata-rata nilai pre-test yaitu 59,42 dan post-test sebesar 82,11 pada kelas eksperimen. Selain itu juga menunjukkan adanya perbedaan hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 82,11 lebih tinggi dibandingkan post-test kelas kontrol sebesar 78,02. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode STAD berbantuan modul berbasis pendidikan karakter lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jurnal penyesuaian.
Based on preliminary observations in mind that results of the student learning of XI IPS SMAN 2 Kendal on material of adjustment journal indicated that there are still many of students who have not reached the KKM. The purpose of this study is to find out the application of STAD method with module based on character education is more effective in improving student learning outcomes in the material of adjustment journal and be able to form the character of the student better. The method of data collection is by test and observation. Test H1 is used paired samples t-test and test H2 used independent sample t-test. The results showed that there was an increase in learning outcomes after treatment STAD method with module based on character education seen from the average value is 59.42 pre-test and post-test of 82.11 in the classroom experiments. It also shows the differences in the results of the average value of the post-test experimental class was 82.11 higher than the post-test control class is 78.02. Based on the results of this study we can concluded that the STAD method with modules based on character education is more effective in improving student learning outcomes in the material of adjustment journal.
Article Details
References
Jacques S Benninga, dkk. 2003. The Relationship Of Character Education Implementation And Academic Achievement In Elementary Schools.
http://www.fresnostate.edu/kremen/bonnercenter/documents/Character_Education.pdf (11 Januari 2013)
Harahap, Nurmahni. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Kognitif, Motivasi, dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Di Banda Aceh. http://jurnal.stkipgetsempena.ac.id/.../04.-jurnal-nurmahni-harahap-57-75-watermak.pdf (21 Januari 2014)
Huda, Miftahul. 2013. Cooperatif LearningMetode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ibraheem. 2011. Effects of two modes of student teams – achievement division strategies on senior secondary school students’ learning outcomes in chemical kinetics. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching.
http://www.ied.edu.hk/apfslt/download/v12 issue 2 files/ibraheem. Pdf
( 25 Desember 2013)
Johnston. 2000. The effect on learning outcomes of using online learning modules in a principles of macroeconomics subject.
http://fbe.unimelb.edu.au/__data/assets/pdf_file/0018/634311/MAX_Paper.pdf (8 Januari 2013)
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.Jakarta: Bumi Aksara
Nasution. 2011. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Rifa’i, Achmad dan Chatarina Tri Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press
Rijati, Nova. 2008. Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Matematika Ditrik Dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Berbasis TIK Studi Kasus Pokok Bahasan Graf. http://lppm.dinus.ac.id/majalah/view_abstraksi/181/Peningkatan-Efektivitas-Pembelajaran-Matematika-Diskrit-dengan-
Metode-Kooperatif-Tipe-STAD-Berbasis-TIK (21 Januari 2013)
Slavin, Robert E. 2005.Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo Persada
Tran, Van Dat. 2013. Effects of Student Teams Achievement Division (STAD) on Academic Achievement, and Attitudes of Grade 9th Secondary School Students towards Mathematics. http://www.ijSciences.com (20 Desember 2013)
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Wyk, Micheal M van. 2012. The Effects of the STAD-Cooperative Learning Method on Student Achievement, Attitude and Motivation in Econimocs Education. http://www.krepublishers.com (20 Desember 2013)
Zainuddin., Mustikawati, dan Suyidno. 2012. Pengembangan Modul Fisika Bumi Antariksa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajara Mahasiswa Prodi Pendidikan FKIP UNLAM. http://ejournal.unlam.ac.id/index.php/vidya_karya/article/view/342
(21 Januari 2014)