Penguatan Dosen Memoderasi Pengaruh Visi Universitas Konservasi terhadap Kesadaran Konservasi Mahasiswa

Main Article Content

Olivia Ike Hidayati
Heri Yanto

Abstract

Kesadaran konservasi adalah keadaan tergugahnya jiwa dalam upaya pelestarian dengan perlindungan, pengawetan dan pemanfaatan secara lestari dan bijak terhadap sumber daya alam, lingkungan, sumber daya manusia, seni dan budaya, dan dapat terlihat dari perilaku dan tindakan masing-masing individu. Berdasarkan observasi awal kesadaran konservasi mahasiswa masih belum baik.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara visi universitas konservasi terhadap kesadaran konservasi mahasiswa serta dengan memunculkan variabel moderating yaitu penguatan dosen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2015, 2016, 2017 di Universitas Negeri Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pengujian hipotesis. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling yang menghasilkan sampel 191 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visi universitas konservasi berpengaruh terhadap kesadaran konservasi mahasiswa. Hasil analisis regresi moderating menunjukkan bahwa penguatan dosen mampu memoderasi pengaruh visi universitas konservasi terhadap kesadaran konservasi mahasiswa. Saran dari penelitian ini yaitu agar dosen pendidikan ekonomi khususnya program studi akuntansi lebih meningkatkan penguatan dosen, agar visi universitas konservasi dapat disosialisasikan dan lebih diketahui mahasiswa sehingga pengetahuan visi universitas konservasi mahasiswa dapat meningkat dan kesadaran konservasi mahasiswa juga meningkat.

Article Details

How to Cite
Hidayati, O., & Yanto, H. (2020). Penguatan Dosen Memoderasi Pengaruh Visi Universitas Konservasi terhadap Kesadaran Konservasi Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 733-747. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42347
Section
Articles