PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU, KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK WIJAYAKUSUMA JATILAWANG
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru, kompetensi profesional guru dan lingkungan belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Wijayakusuma Jatilawang baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 95 siswa. Semua siswa sejumlah 95 dijadikan sampel dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, asumsi klasik, regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi berganda diperoleh persamaan: Y = 1.776 + 0.190 Â + 0,221 + 0,353 . Berdasarkan output SPSS pengaruh X1 terhadap Y sebesar 0,190 dengan nilai hubungan parsial sebesar 8,4% pada taraf signifikansi 0,005, sedangkan X2 terhadap Y sebesar 0,221 dengan nilai hubungan parsial sebesar 7,6% pada taraf signifikansi 0,007 dan X3 terhadap Y sebesar 0,353 dengan nilai hubungan parsial sebesar 8,8% pada taraf signifikansi 0,004.
Â
The purpose of this research is to find out whether there is an influence of the teacher pedagogic competence, teacher professional competence, environment student towards students motivation either simultaneously or partially. The population in this research are 95 students of XI Office Administration Vocational Wijayakusuma Jatilawang. All 95 students is used to be sample in this research. The data collecting method is questionnaire and documentation. The analysis data technique are descriptive, the classical assumption, multiple regression. The results showed that multiple regression analysis obtained by the equation: Y = 1,776 + 0.190X_1 + 0,221X_2 + 0,353X_3. Based on SPSS output X1 effect on Y of 0.190 with a partial correlation value of 8.4% at a significance level of 0.005, while X2 on Y at 0.221 with a partial correlation value of 7.6% at a significance level of 0.007 and 0.353 for the X3 to Y with values partial correlation of 8.8% at a significance level of 0.004.
Article Details
References
Cipto Wibowo, Handi, 2013. Pengaruh Kompetensi Pedagogk, Kompetensi Profesional dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa. Skripsi. Semarang: UNNES
Ghozali, Imam. 2010. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.
Kurniawan, Eko. 2012. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Antonius
Semarang. Skripsi. Semarang: UNNES
Mulyasa. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munib, Achmad, 2011. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Unnes Press.Slameto. 2003a. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman. 2007a, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
Setiyadi, Didik. 2008. Pengaruh Persepsi Siswa Pada Komponen-Komponen Kompetensi Guru terhadap Prestasi belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kudus. Skripsi. Semarang: UNNES
Silvana Illy. 2009. Pengaruh Kompetensi Profesional dan Produktivitas Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi SMK di Kota Semarang. Skripsi. Semarang: UNNES
Slameto. 2003a. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010a. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
.