PENINGKATAN PARTISIPASI DAN KETERAMPILAN SISWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE PADA KOMPETENSI DASAR MEMBUKUKAN MUTASI DAN SELISIH DANA KAS KECIL DI SMK BHAKTI PERSADA KENDAL

Main Article Content

Wahibah Lana In Ma
Muwartiningsih Muwartiningsih
Nanik Suryani

Abstract

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Bhakti Persada Kendal. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif..Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan partisipasi siswa sebesar 65,50% dalam kategori cukup partisipatif, keterampilan siswa sebesar 68,38% dalam kategori cukup terampil, ketuntasan klasikal 65,50% dengan rata-rata hasil belajar 73,25. Untuk hasil penelitian siklus II menunjukkan partisipasi siswa sebesar 69% , keterampilan  siswa sebesar 73,30%, ketuntasan klasikal 61,29%, menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,96. Untuk hasil penelitian siklus III menunjukkan partisipasi siswa sebesar 82,87%, keterampilan siswa sebesar 82,01%, ketuntasan klasikal 77,41% dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,48.

 

The subjects were students of class XI Administrative SMK Bhakti Persada Kendal. The design of this study is a class action with three cycles, where each cycle includes planning, implementation, observation, and reflection. Data collection methods used in this research is the method of testing, observation, and documentation. Data collection methods used in this research is the method of testing, observation, and documentation. Methods of data analysis in this research using descriptive analysis. The results of the study in the first cycle shows student participation of 65.50 % in the category of participatory enough, the skills students 68,38% in the category of skilled enoug, classical completeness 65.50% with an average of 73.25 learning outcomes. For the second cycle study results showed a 69% student participation, student skills at 73.30, 61.29% classical completeness, showed an average of 79.96 students' learning outcomes. For the results of the third cycle studies show student participation by 82.87%, 82.01% of the students skills, classical completeness 77.41% with an average of 79.48 students' learning outcomes.

Article Details

How to Cite
In Ma, W., Muwartiningsih, M., & Suryani, N. (2015). PENINGKATAN PARTISIPASI DAN KETERAMPILAN SISWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE PADA KOMPETENSI DASAR MEMBUKUKAN MUTASI DAN SELISIH DANA KAS KECIL DI SMK BHAKTI PERSADA KENDAL. Economic Education Analysis Journal, 4(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4684
Section
Articles

References

Ali, Mohamad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Endang, Sri, dkk. 2008. Modul Mengelola Kas Kecil Bidang Studi Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Studi Keahlian Administrasi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoan untuk SMK dan MAK. Jakarta: Erlangga.

Hamzah, Uno B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniawan, Hana. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Menghitung Mutasi Dana Kas Kecil Siswa Kelas X Akuntansi 2 Smk Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Tersedia di http://eprint.uny.ac.id/7848/, (diakses 23-2-2014).

Mulyasa. 2004a. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

--------. 2009b. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munthe, Bermawi. 2009. Desain Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Insan Mandiri.

Ngozi Ibe, Helen. 2009. Metacognitive Strategies on Classroom Participation and Student Achievement in Senior Secondary School Science Classrooms. Tersedia di http://connection.ebscohost.com/c/article/51924568/metacognitive-strategies-classroom-participation-student-achievement-school-science-classrooms, (diakses 24-2-2014).
Sipos Trent, Kathleen. 2013. The Effects of The Peer Instruction Technique Think-Pair-Share on Students’ Performance in Chemistry. Tersedia di http://etd.lsu.edu/docs/available/etd-07022013-145716/, (diakses 23-2-2014).

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Terjemahan narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hail Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2010a. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

------------. 2013b. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarya: Pustaka Pelajar.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajarana Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuriah, Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan-Teori Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.