PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 3 PATI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Article Content

Zuhaira Laily Kusuma
Subkhan Subkhan

Abstract

Hasil observasi awal di SMA N 3 Pati menunjukkan rendahnya prestasi belajar mata pelajaran ekonomi yang dicapai siswa kelas XI IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar baik secara simultan maupun parsial. Populasi peneletian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMANegeri 3 Pati yang berjumlah 147 siswa. Variabel yang diteliti meliputi motivasi belajar dan disiplin belajar sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikatnya. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar (89,5%). Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi (62,09%). Disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi (48,58%).

Results of preliminary observations in SMAN 3 Pati showed low learning achievement of accounting subjects who achieved class XI IPS. The purpose of this study was to determine the effect of learning motivation and discipline of learning to the student achievement either simultaneously or partially. The population was all students of class XI IPS SMAN 3 Pati, amounting to 147 students. Variables examined included learning motivation and discipline of learning as independent variables and learning achievement as the dependent variable. The method of collecting data using questionnaires and documentation.While the method of data analysis includes descriptive analysis and multiple regression analysis. The results of this study are no influence learning motivation and discipline to learn on the learning achievement (89.5%). Motivation to learn influence on learning achievement accounting subjects (62.09%). Learn discipline effect on learning achievement accounting subjects (48.58%).



Article Details

How to Cite
Kusuma, Z., & Subkhan, S. (1). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 3 PATI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4693
Section
Articles

References

Anni, Catharina Tri, dkk. 2010. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES PRESS.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Sebagai Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Fakultas Ekonomi. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Semarang: UNNES PRESS

Ferryansyah. 2011. Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Antara Pembelajaran yang Disertai Penciptaan Kondisi Alfa dan Tanpa Disertai Penciptaan Kondisi Alfa. Dalam Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3 No 2. Tarakan: Universitas Borneo Tarakan [Diakses 4 September 2014] http://kopertis11.net/jurnal/vol.3%20No.2%20Juni%202011,%2007%20Ferryansyah.pdf

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadinata, Priyatna. 2009. Iklim Kelas dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Dalam Jurnal Psikologi. Vol 3 No 1. Jawa Barat: Universitas Gunadarma (diakses 19 Februari 2014)

Hamdu, Ghullam. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Dalam Jurnal Pendidikan UPI. Vol 12 No 1. Bandung: UPI [Diakses 4 September 2014] http://jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam_Hamdu.pdf

Harmaini. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalitas Guru Mengajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada SMK Se-Kota Bangkinang. Dalam Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Bangkinang: Universitas Bangkinang [Diakses 19 Februari]
http: //marlinafis.blogspot.com/2010/14/guruku.html

Inayah, Ridaul. 2012. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret [diakses 19 Februari 2014]

Khasanah, Umi. 2012. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Pengasih Tahun Ajaran 2011/2012 Dengan Motivasi Belajar Sebagai Pemoderasi. Dalam Jurnal Pendidikan Akuntansi. Yogyakarta: UNY [Diakses 19 Februari 2014]

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarma, Ketut. 2007. Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 2 (No. 2). Semarang: UNNES PRESS [Diakses 19 februari 2014]

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendeketan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin dan Perilaku Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Grasindo.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi & Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.