FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 2 SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh kondisi kesehatan, motivasi belajar, perhatian dalam belajar, kesiapan belajar, peran orang tua, kondisi ekonomi keluarga, metode mengajar guru, cara belajar siswa, dan teman bergaul terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Semarang tahun ajaran 2013/2014 secara parsial serta untuk mengetahui faktor yang memiliki pengaruh paling tinggi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Semarang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 107 siswa, yang semuanya dijadikan unit analisis. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, analisis faktor konfirmatori dan analisis regresi linier berganda. Hasil perhitungan analisis regresi linier berganda menunjukkan seluruh faktor dalam penelitian berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa, sedangkan faktor yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa adalah motivasi belajar (10,89%), dan cara belajar siswa (10,95%).
This research aims to determine influence of healthiness, learning motivation, learning concern, readiness in learning, role of parent, family economic, teacher’s learning methods, student’s learning style, and associate friends on accounting learning outcome among Students Grade XI Accounting Skills Competence of SMK Negeri 2 Semarang School year 2013/2014 partially and to figure out the most influential factor. The population of this research is all students of class XI Accounting Skill Competence of SMK Negeri 2 Semarang school year 2013/2014 as many as 107 students, all of which are used as the unit of analysis. Data collection methods using documentation and questionnaires. Method of data analysis is descriptive percentile, confirmatory factor analysis and multiple linear regression analysis. Multiple linear regression analysis showed that all factors on this research have influence for students accounting learning outcomes, while the most influential factor on accounting learning outcome among Students was learning motivation (10,89%), and student’s learning style (10,95%).
Â
Article Details
References
Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Maruchou, Despina Varnava. 2012. “Can Student Concept of Learning Influence Their Lerning Ourcomes?â€. Dalam Higher Learning Research Communications, Volume 2 No. 2 Cyprus: European Univercity Cyprus.
Mulyani, Dessy. 2013. “Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar†dalam Jurnal Ilmiah Konseling, Volume 2 No. 1 Hal. 27-31 Padang: Universitas Negeri Padang.
Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rifa’I, Achmad, dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali pers.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Grasindo.
Valentino, Aris, Sri Buwono dan Aminuyati. 2013. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Jurusan Akuntansi di SMKâ€. Dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 2 No. 9 Pontianak: Universitas Tanjungpura.