PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, MINAT BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK SWADAYA SEMARANG PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK SWADAYA SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014
Main Article Content
Abstract
Proses belajar mengajar tidak selamanya selalu berhasil, adakalanya mengalami suatu hambatan atau kesulitan. Hambatan-hambatan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern, diantaranya adalah perhatian orang tua, minat belajar, dan lingkungan sekolah. Observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi siswa belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 75, sedangkan perhatian orang tua,minat belajar, dan lingkungan sekolah tergolong baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua,minat belajar, dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X di SMK Swadaya Semarang tahun ajaran 2013/2014 baik secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Swadaya Semarang sejumlah 71 siswa. Karena sampel dalam penelitian ini kurang dari 100, maka semua populasi dijadikan sampel, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Uji hipotesis yang digunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah perhatian orang tua, minat belajar, dan lingkungan sekolah berpengaruh dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Swadaya Semarang baik secara simultan maupun secara parsial.
The learning process is not always successful forever, sometimes having an obstacle or difficulty. Barriers is influenced by several factors: internal factors and external factors, such as parental attention, interest in learning, and school environment. Preliminary observations made by the researchers showed that the students 'learning achievement economy has not reached the specified KKM is 75, while the parents' attention, in learning, and school environment quite well. The purpose of this study was to determine whether or not the influence of parental attention, interest in learning, and school environment on student achievement of grade X SMK Swadaya Organization either simultaneously or partially. The study population was all students of class X Accounting Organization SMK Labuan number of 71 students. Because the sample in this study is less than 100, then all the population sampled, therefore it can be concluded that this study is a population study. Methods of data collection using questionnaire and documentation. The data analysis technique used is descriptive analysis techniques. Hypothesis test used multiple linear regression. The results of this study are the parents' attention, in learning, and school environment and significant effect on learning achievement class X SMK Swadaya Semarang District either simultaneously or partially
Article Details
References
Ariyanti, Ita. 2011. Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNNES Angkatan 2008/2009. Skripsi : UNNES.
Hamalik, Oemar. 2012. Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Kurniasih, Octin Nia. 2009. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Banjarnegara. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Lintang, Esti Amboro. 2010.Pengaruh Cara Belajar dan Perhatian OrangTua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri Dukuh Waru Kabupaten Tegal.Skripsi : UNNES.
Rahmad, Hari Setiyono. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, dan Metode Pembelajaran te3rhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 2 Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi : UNNES
Rifa’i, Achmad dan Chatarina Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.
Sahitha, Fysta. 2009. Pengaruh Perhatian orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 5 Tegal. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Setiawan, Fajar Citra. 2003. Motivasi Berprestasi Ditinjau dari Sikap Berdasarkan Profesi Keguruan Pada Guru SD Negeri Tambak Aji 01, 02, 03, 04, dan 05 Semarang. Skripsi: Universitas Semarang.
Shochib, Moh. 1998. Pola asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Soeparwoto, dkk. 2007. Psikologi Perkembangan. Semarang: UPT MKK UNNES.
Sunarto. 2007. Pengaruh Pendekatan Pakem dan Pendekatan Konvensional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar. Skripsi: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Utaminingsih. 2009. Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa SMK Muhamadiyah 1 Purbalingga.Skripsi: Universitas Negeri Semarang.