EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN 2014/2015

Main Article Content

Amirul Arif
muhammad Khafid

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui efektivitas model Team Assisted Individualization (TAI) dalam
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Teuku Umar Semarang tahun ajaran
2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pre-test post-test control group experiment
design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Teuku Umar Semarang sebanyak 107
siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling yaitu dengan undian. Metode
pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif dan analisis statistik dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TAI efektif
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Teuku Umar Semarang tahun ajaran
2014/2015. Saran yang diberikan adalah model TAI dapat diterapkan guru sebagai salah satu variasi model
pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran.

The aim in this study was to determine the effectivity of Team Assisted Individualization Learning Model compared to
conventional learning model to improve learning activity and learning outcomes in the economic study class X High School
Teuku Umar of Semarang academic year 2014/2015. This research used experimental study with pre-test post-test control
group experiment design. The population of this study was the whole students of economic class grade X High School Teuku
Umar of Semarang by 107 students. The samples are taken by simple random sampling technique is by lottery. The methods of
data collection used the test, observation, and documentation methods. The method of analyzing data used descriptive analysis
and statistic analysis with t-test. Team Assisted Individualization (TAI) Model more effectively improve the students capability
compared to conventional learning model in economic learning. The advise given is the TAI model can be applied to teachers
as one variation of model learning in economic to improve the students capability.


Article Details

How to Cite
Arif, A., & Khafid, muhammad. (2015). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(3). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/8507
Section
Articles

References

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2009.
Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik.
Jakarta: Bumi Aksara.

Anni, Catharina Tri, dkk. 2007. Psikologi Belajar.
Semarang: UPT UNNES Press.

Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran Prinsip,
Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi
Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi
Aksara.

-----.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Bumi Aksara.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate
dengan Program IBM SPSS 19. Semarang:
Badan Penerbit UNDIP.

Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran
Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi
Aksara.

-----. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi
Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:
CV Pustaka Setia.

Rifa’i, Ahmad dan Chatarina Tri Anni. 2011. Psikologi
Pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRESS.

Riyanti. 2012. “Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam
Pembelajaran Pemeliharaan Bahan Tekstil
dengan Metode Pembelajaran Tipe Team
Assisted Individualization di SMK N 6
Yogyakarta”. Dalam Jurnal JUNY, Volume 1
Nomor 1. Yogyakarta: Universitas Negeri
Yogyakarta.