ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP PENGGUNAAN JASA KOPERASI SIMPAN PINJAM (Studi Kasus pada Koperasi Purnakaryawan Listik Negara - PURLINA Semarang)

Main Article Content

Anita Itsna Nur Syarifah
Sucihatiningsih D.W.P

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek koperasi terhadap kepuasan anggota Koperasi Purnakaryawan Listrik Negara (PURLINA) Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Koperasi Purnakaryawan Listrik Negara (PURLINA) Semarang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan jumlah sampel sebesar 85 anggota. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, kuesioner, dokumentasi dan kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 19.Hasil penelitian diperoleh bahwa kualitas pelayanan dan citra merek memberikan pengaruh terhadap kepuasn anggota koperasi purnakaryawan listrik Negara (PURLINA) semarang baik secara parsial dan simultan.

The purpose of this study was to analyze the influence of service quality and brand image of the cooperative to satisfaction of members of PURLINA’s cooperation Semarang. Population in this study is all of members of PURLINA’s cooperation Semarang. Sampel in this study is using non probability sampling which the number of sampel is 85 members. The using method in collecting the data are interview, questionnaire, documentation and literature. The analysis method of the data are descriptive analysis and multiple regresi linear analysis with the assistance of statistical package program for social science verse 19. The result of this study shows that the service quality and brand image influence on the satisfaction of members of both partially and simultaneously.

Article Details

How to Cite
Syarifah, A. I., & D.W.P, S. (2015). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP PENGGUNAAN JASA KOPERASI SIMPAN PINJAM (Studi Kasus pada Koperasi Purnakaryawan Listik Negara - PURLINA Semarang). Economic Education Analysis Journal, 4(3). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/8531
Section
Articles

References

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Jasfar, Farida. 2005. Manajemen Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management, The Millennium Edition. New Jersey: Prantice Hall.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler & Amstrong, 2008. Principles of Marketing, Penerjemah Bob Sabran, Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy. 2006. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: ALFABETA.

Supriatin, Ade Nena dan Toto Sugiharto. 2009. Analisis Kepuasan Konsumen Berdasarkan Variabel Fasilitas, Harga, dan Citra Perusahaan. Jurnal Ekonomi Manajemen, Juli, hal: 1-11

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi