DETERMINAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR (Studi Kasus di SMAN 7 Semarang)

Main Article Content

Arvany Dhin Azhari
Heri Yanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif antara lingkungan keluarga, peran guru, dan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 7 Semarang baik secara langsung maupun tidak langsung yaitu melalui kemandirian belajar. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan jumlah populasi 216 siswa kelas X SMAN 7 Semarang dan sampel sebanyak 141 siswa yang diambil secara proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi secara langsung. Peran guru dan teman sebaya tidak berpengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar. Sedangkan secara tidak langsung lingkungan keluarga, peran guru, dan teman sebaya berpengaruh terhadap prestasi belajar.

The purpose of this study is to find out whether there is a positive influence of family environment, teacher’s role, and friends on the same age on economics learning achievement of the tenth graders of SMAN 7 Semarang directly and indirectly through learning independence. This study was a quantitative study that had a population of 216 tenth graders of SMAN 7 Semarang and 141 samples of the students chosen by employing proportional random sampling. The methods of collecting data were documentation and questionnaires while the methods of analyzing data were descriptive and path analyses. The result of the study showed that there was influence of family environment on economics learning achievement directly. Teacher’s role and the friends on the same age did not influence directly on economics learning achievement. Family environment, teacher’s role, and the friends on the same age could influence economics learning achievement indirectly.

Article Details

How to Cite
Azhari, A., & Yanto, H. (2015). DETERMINAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR (Studi Kasus di SMAN 7 Semarang). Economic Education Analysis Journal, 4(3). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/8537
Section
Articles

References

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2005. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.
Alwisol. 2012. Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press.

Kosnin, Azlina Mohd. 2007. “Self-regulated Learning and Academic Achievement in Malaysian Undergraduate”. Dalam International Education Journal,Volume 8 No. 1. Hal 221-228 Universiti Teknologi Malaysia.

Maghfiraini, Rizka. 2011. “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Pergaulan Peer Group dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jogorogo Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2010/2011”. Skripsi. Universitas Negeri Surakarta.

Maisaroh, Novi. 2013. ”Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar Siswa Kelas Va Sd N Panembahan Tahun Ajaran 2012-2013.” Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Martalena., Wahyu Pramono, dan Yenni Melia. 2013. Hubungan Kelompok Teman Sebaya (Peer Group) Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xii Ips Di Sman 1 Padang Ganting Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar. STKIP PGRI Sumatera Barat.

Mishra, Sandhya dan Dr. Veena Bamba. 2012. “Impact Of Family Environment On Academic Achievement Of Secondary School Students In Science Subject”. Dalam IJRESS, Volume 2. Hal 42-49 Shinghania University.

Permendikbud no.81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. http://sman78-jkt.sch.id/sumberbelajar/dokumen/ (16 April 2015)

Qontina, Annas. 2013. “Kontribusi Intensitas Bimbingan Orang Tua Dan Peranan Guru Terhadap Kemandirian Belajar Pada Siswa Jurusan Akuntansi Smk Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013.” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Universitas Negeri Semarang Press.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2010. "Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan baru". Bandung. Cetakan ke empat belas. PT. Remaja Rosdakarya

Tirtaraharja, Umar dan La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Uno, Hamzah B. 2008. Profesi Kependidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.