PENGARUH PENERAPAN SISTEM MOVING CLASS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Article Content

Stefhani Tantra Sintara
Hengky Pramusinto

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan sistem moving class dan motivasi belajar
terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran siswa kelas XI secara simultan maupun parsial.
Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran tahun
ajaran 2014/2015 sebanyak 105 siswa. Peneliti mengambil teknik sensus, yaitu mengambil keseluruhan populasi sebagai
objek penelitian. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah penerapan sistem moving class (X1), motivasi belajar (X2)
dan hasil belajar (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil dari analisis regresi linear berganda diperoleh
persamaan Y = 6,164+0,883X1+0,300X2+ e. Ada pengaruh secara simultan antara penerapan sistem moving class dan
motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 51,8%, sedangkan pengaruh secara parsial penerepan sistem moving class
sebesar 28,84% dan motivasi belajar sebesar 10,63%.

The problem that had been studied in this research is whether there is influence of moving class implementation and learning motivation toward
eleventh grade students’ achievement of introductory office administration lesson simultaneously and partially. The population that had been
studied in this research is eleventh grade students of office administration major in the academic year of 2014/2015, as many as 105 students. The
researcher took a census technique which take the whole population as the object of the research. An investigated variable in this research is the
implementation of moving class system (X1), learning motivation (X2), and the result of the study (Y). The data were collected using
questionnaireand documentation. The analysis of the data is usingdescriptive analysis and bifiliar regression analysis. The result of the linear
regression analysis obtained an bifilar equation of Y = 6,164+0,883X1+0,300X2+ e. There is a simultaneously effect between the implementation of
the moving class and the learning motivation toward the result of the study as much as 51,8%, while the influence of implementation moving class
system parially achieves 28,84% and learning motivation as much as 10,63%.

Article Details

How to Cite
Sintara, S., & Pramusinto, H. (2015). PENGARUH PENERAPAN SISTEM MOVING CLASS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(3). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/8546
Section
Articles

References

Abda Lail Isro, Supriyanto, Nana Kariada Tri Martuti . 2013. “Kontribusi Moving Class Pada Pembelajaran Biologi terhadap Motivasi dan Hasil

Belajar Siswa,”Journal Of Biology Education. Vol 2, No 2 . Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hadi, Anim. 2009. Mengapa Harus Menggunakan Moving Class. (http://animhadi.wordpress .com). Diakses tanggal 19-1-2015 jam 20:08.

Mulyasa, 2011. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rifa’i, Achamad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Siti Amalia Hidayah. 2012. “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Sistem Moving Class terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X”. Jurnal Ilmiah. Pontianak: Universitas Tanjupura.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriyanta. 2011. Pengembangan E-Learning sebagai Pelengkap Pembelajaran Tatap Muka pada Program Diploma Tiga Amik BSI
Yogyakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan. Sleman: Yogyakarta.

Tu'u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo

Undang- Undang Republik Indonesia. No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional ( Sisdiknas), Pasal 1 Ayat 1, Jakarta: Sinar Grafika, 2003.