Kreatifity hubungan kreatifitas dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit hubungan kreatifitas dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Devis maghfiroh

Abstract

 


ABSTRAK


 


Devis Maghfiroh. 2017. “Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Teknologi Menjahit di SMK N 5 Kendal Tahun Ajaran 2016/2017â€. Dosen Pembimbing  Dra. Sicilia Sawitri, M.Pd. Skripsi S1 Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Konsentrasi Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.


 


Penelitian pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit bertujuan untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam mendaur ulang limbah kain perca agar dapat bernilai jual tinggi, menjelaskan kreativitas siswa terhadap kualitas pengolahan limbah kain perca, dan menjelaskan adakah hubungan kreativitas dengan hasil belajar siswa menjahit limbah kain perca dengan teknik pacthwork.


Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh siswa kelas X BB SMK N 5 Kendal yang berjumlah 43 siswa. Jumlah sampel yang diambil dari populasi dengan pengambilan acak, sehingga sampel yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah 22 siswa dari kelas X BB1 dan X BB2 dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis korelasi.


Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kreativitas dalam kategori baik sebesar 83,52, hasil belajar afektif siswa dalam kategori baik sebesar 83,52, hasil belajar kognitif siswa dalam kategori baik sebesar 83,50, dan hasil belajar psikomotorik siswa dalam kategori baik sebesar 81,02. Korelasi diperoleh hasil  rxy =  0.588 dan n = 22 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh  rtabel = 0.423. Karena  rxy> r table atau  0.588 > 0.423  yang menunjukan ada hubungan kreatifitas siswa terhadap hasil belajar siswa dan total pengaruhnya sebesar 0.0.3458  atau 34,58% , berarti H0 ditolak, sedangkan H1 diterima. Secara simultan berpengaruh sebesar 34,58% selebihnya 65,42% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hubungan yang positif antara kreativitas dan hasil belajar siswa dari segi efektif, kognitif dan psikomotorik secara parsial maupun simultan pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit. Dari penelitian ini dapat dikemukakan saran yaitu : siswa perlu meningkatkan krativitas dalam pemanfaatan limbah kain dan mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja dengan meningkatkan ketrampilan dan kreativitas menjahit sehingga para siswa memiliki kemampuan yang baik untuk memasuki dunia kerja.


 


Kata Kunci : Kreativitas, Hasil Belajar.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##