PENGARUH BAHAN AJAR TERHADAP KUALITAS HASIL BELAJAR MATERI KONSTRUKSI POLA PADA PRODI PKK TATA BUSANA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Letna Sugiarti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh bahan ajar terhadap kualitas hasil belajar materi mata kuliah Konstruksi Pola serta mengetahui apa saja faktor-faktor  yang mempengaruhi kualitas hasil belajar mahasiswa Busana jurusan Teknologi Jasa dan Produksi Progam Studi Tata Busana Universitas Negeri Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode test dan angket. Metode test digunakan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa sebelum dan setelah diberikan treatment, sedangkan metode angket digunakan setelah di uji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Penilitian ini digolongkan penelitian deskriptif presentase  dengan metode analisis data deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah di berikan treatmen ada pengaruh bahan ajar pada peningkatan nilai mahasiswa. Faktor internal yang berupa bakat mahasiswa merupakan faktor terbesar yang mencapai 80,83%. Metode pembelajaran mencapai 76,30%, sikap mahasiswa 74,81%, kesehatan mahasiswa 70,56%, lingkungan sosial 69,76%, minat mahasiswa 68,89%, intelegensi mahasiswa  67,22%, dan lingkungan nonsosial merupakan faktor dengan peringkat terendah yang hanya mencapai 66,25%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bakat mahasiswa merupakan faktor yang paling berpengaruh dibandingkan dengan faktor eksternal dan dan faktor internal.

 

This research is aimed to investigate the relation of teaching material toward pattern construction material learning outcome quality and to investigate some factors that influence Semarang State University students of fashion design’s learning outcome quality. The research methodology used test and questionnaire method. Test method was used to investigate student’s ability before and after being given treatment, whereas the questionnaire was used after being examined using validity and reliability methods. This research can be included as a descriptive percentage research with descriptive percentage data analysis method. The result of the research shows that after being given a treatment, there is an influence of teaching material toward the increase of students’ score. The internal factor which is students’ aptitude is the highest factor reaches 80. 83%. Teaching methodology factor 76. 30%, students’ attitude factor 74. 81%, students’ health factor 70. 56%, social environment factor 69. 76%, students’ interest factor 68.89%, students’ intellegency factor 67. 22%, and non-social environment is the lowest factor reaches 66. 25%. Based on the result, can be seen that students’ aptitude is the most influencing factor that internal and external factor.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Rosdakarya

Slemeto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Rosdakarya: Jakarta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pengantar Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya