EFEKTIFITAS MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN SMOCK JEPANG SISWA SMK NEGERI 03 PATI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dhesy Saschia

Abstract

Smock jepang adalah salah satu pokok bahasan praktek yang diajarkan di SMK N 03 Pati. Kriteria ketuntasan  minimal  (KKM)  yang  ditentukan  adalah  75,  diharapkan  nilai  pokok  bahasan smock jepang  dapat  melebihi  dari  nilai  KKM  yang  ditentukan.  Tujuan  penelitian  ini  yaitu  untuk mengetahui validitas pembuatan media video pada pokok bahasan Smock Jepang untuk siswa SMK Negeri  03  Pati  dan  mengetahui  keefektifan  media video dalam  meningkatkan  hasil  belajar  pokok bahasan Smock Jepang  untuk  siswa  SMK  Negeri  03  Pati. Metodologi  penelitian  yang  diterapkan antara  lain: Studi  Pendahuluan, Tahap  Pengembangan  Media  menggunakan  desain  penelitian R&D,  dan Tahap  Ujicoba  Media  dengan  desain  penelitian Quasi  Experiment.  Evaluasi  kelayakan media dinilai baik oleh pakar media 1 dengan pencapaian 76% dan dinilai sangat baik oleh pakar media 2 dengan pencapaian 90% dan evaluasi isi materi dinilai baik oleh guru dengan pencapaian 75%.  Hasil  belajar  kognitif  siswa  saat  pretest  memperoleh  nilai  rata-rata  44,52, sedangkan  hasil belajar saat postes dengan nilai rata-rata 77,1. Hal ini menunjukan adanya peningkatan dari pretest ke  postest  yang  dihitung  dengan  rumus  N  gain  yaitu  terdapat  26  siswa  yang  peningkatannya berkriteria sedang dan terdapat 2 siswa yang peningkatannya berkriteria tinggi. Hasil belajar ranah psikomotor terdapat 27 siswa berkriteria sangat baik dan 1 siswa berkriteria baik dengan nilai rata-rata sebesar 79,21.

Japanese Smock is one of the subjectin SMKN 03 Pati. Minimum Completeness Criteria (MCC) specified is 75, the expected value of the subject in the Japanese smock may exceed the value specified MCC. The purpose of this study are: To determine the validity of making a video media on the subject of Japanese Smock for students of SMK N 03 Pati and determine the effectiveness of video media in improving learning outcomes Smock Japanese subjects for students of SMK N 03 Pati. The research methodology applied in this study is: Preliminary Study, Development Media Stage using R & D research design, and Trials Media Phase with Quasi-Experiment research design. Evaluate the feasibility of media rated as good by 1st media expert with the achievement of 76% and was rated excellent by 2nd media expert with the achievement of 90% while the content of the material evaluation assessed both by the teacher with the achievement of 75%. Cognitive achievement pretest students obtain an average value of 44.52. While the results of the current study posttest with an average value of 77.1. This shows an increase from pretest to posttest were calculated with the N gain formula is there are 26 students who achieved moderate improvement criteria and there are 2 student who achieved high improvement criteria. Psychomotor domains of learning results showed that there were 27 students and 1 student criteria both criteria quite well with the average value of 79.21.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Nugrahani R. 2007. Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah. Lembaran Ilmu Kependidikan ISSN : 0216-0847. Vol.36 01 Juni 2007 Semarang :Ilmu Kependidikan UNNES

Nuraini. 2008. PerencanaanPembelajaran. Yogyakarta :Cipta Media

Sugiyono.2010.Metode PenelitianPendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung:Alfabeta