UPAYA PENINGKATAN KUALITAS HASIL PRODUKSI USAHA KONFEKSI (Studi Kasus di “Sa’dun Konfeksi” Desa Sendang, Kalinyamatan, Jepara)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Siti Mukaromah

Abstract

Usaha konfeksi telah tersebar hampir diseluruh daerah di Indonesia. Salah satunya yaitu di desa Sendang Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. “Sa’dun Konfeksi†adalah salah satu usaha konfeksi yang masih eksis di desa Sendang hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan dalam meningkatkan kualitas hasil produksi usaha konfeksi di “Sa’dun Konfeksi†desa Sendang dan upaya manakah yang diprioritaskan. Penelitian dilaksanakan di “Sa’dun Konfeksi†desa Sendang, kalinyamatan, Jepara. Sumber data penelitian ini meliputi : data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, mencatat dokumen, dan studi pustaka. Keabsahan data dalam penelitian ini di uji dengan menggunakan teknik triangulasi (sumber dan teknik).Hasil penelitian menunjukkan ada upaya untuk meningkatkan kualitas hasil produksi yang telah dilakukan oleh pengusaha “Sa’dun Konfeksiâ€. Upaya-upaya tersebut dapat dilihat dari aspek bahan baku, alat produksi, proses produksi dan tenaga kerja. Dari hasil analisis, tidak ada upaya yang paling diprioritaskan untuk meningkatkan kualitas produk konfeksi, keempat aspek yang diidentifikasi satu dengan yang lain saling melengkapi sesuai dengan fungsi dan kapasitas masing-masing untuk dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

The clothing industry business has spread almost throughout the regions in Indonesia. One of them is in the Sendang village, Kalinyamatan, Jepara, Central Java, i.e. “Sa’dun Clothing Industryâ€. This study aims to determine how the efforts that have been made in improving the quality of the production of the clothing products in the village of Sendang and which prioritized efforts. The experiment was conducted in the village of Sendang, Kalinyamatan, Jepara, as clothing industry village centers. The data sources of the study include primary and secondary data. The technique of collecting data using interviews, observations, recorded documents, and literature. Test the validity of the data using the technique of triangulation (sources and techniques). Results showed that efforts to improve the quality of the products that have been made by the entrepreneurs (The Sa’dun Clothing Industry). These efforts can be seen from the aspect of raw materials, production equipment, production processes and labor. Based on the analysis, none of the most prioritized efforts to improve the quality of the clothing industry, the fourth aspect identified with one another in accordance with the complementary function and the capacity of each to be able to improve the quality of the product.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

A. Riyanto. Arifah.2003.Teori Busana. Bandung. YAPEMDO

Chang M.K, Peter. 2003. Pengendalian Mutu Terpadu untuk Industi Tekstil dan konfeksi dengan Cara Baru, Sederhana dan Praktis. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Ernawati, dkk. 2008. Tata Busana Jilid 3 untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.