Efektivitas Pembelajaran Hybrid pada Mata Kuliah Produksi Adibusana Mahasiswa Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Semarang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Adanya pandemi covid-19 menyebabkan semua bidang menjalankan kegiatan secara online termasuk juga pada bidang pendidikan. Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu universitas yang menjalankan pembelajaran secara hybrid dimana mahasiswa yang mengikuti pembelajaran ialah 50% dari jumlah kelas. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran hybrid mahasiswa Pendidikan Tata Busana dalam Mata Kuliah Produksi Adibusana. Populasi dalam peneliian ini ialah mahasiswa yang telah menempuh Mata Kuliah Produksi Adibusana secara hybrid, yaitu mahasiswa Pendidikan Tata Busana Angkatan 2020 Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 73 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah proportional random sampling dengan nilai kritis 10% menghasilkan 42 responden. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis faktor. Hasil dari penelitian ini ialah motivasi belajar merupakan faktor paling tinggi dalam efektivitas pembelajaran hybrid, sebesar 28,78%, selanjutnya metode mengajar sebesar 26,57%, kerjasama sebesar 15,55%, sarana dan prasarana sebesar 5,88%, dan waktu belajar sebesar 5,33%.