PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yunike Sulistyosari
Hermon Maurits Karwur
Habibi Sultan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran IPS yang dilakukan secara berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik analisis data memakai triangulasi teknik yang mengkonfirmasi data berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menghasilkan temuan diantaranya pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi telah berhasil diterapkan oleh guru IPS. Guru menggunakan diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Hasil pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak yang positif baik dari segi pengajar maupun peserta didik. Melalui pembelajaran berdiferensiasi guru merasa senang karena peserta didik lebih antusias dan mengena, hal ini diwujudkan dalam bentuk produk yang dihasilkan peserta didik dalam pembelajaran sangat kreatif. Namun tantangan yang diterima oleh guru pada tahap diferensiasi proses, guru masih menemukan kebingungan saat membedakan bahan ajar yang harus diberikan pada peserta dididk yang bervariasi. Melalui pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka memberikan otonomi peserta didik untuk dapat mengekspresikan kemampuan belajarnya berdasarkan potensi dan minat yang dimiliki.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Dewantara, K.H. 2004. Pendidikan bagian pertama, Yogyakata: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Creswel, John. W. 2008. Re[1] J. W. Creswel, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, 2008.search Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. sage publications.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Handiyani, M., & Muhtar, T. 2022. Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817–5826. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
I Komang Sukemdra. 2015. No Title Penerapan Strategi Pembelajaran Diferensiasi Progresif Berbantuan Lks Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA. Экономика Региона, 32.

Julaeha, S., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. 2021. Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. MUNTAZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01), 1–26. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/muntazam/article/view/5338

Marisyah, A., Firman, F., & Rusdinal, R. 2019. Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1514-1519.

Marlina. 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif, 1–58.

Nurjanah, L., Handayani, S., & Gunawan, R. 2021. Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Dunia Pendidikan. Chronologia, 3(2), 38–48. University of Muhammadiyah Prof. Hamka (UHAMKA).

Nurzaki Alhafiz. 2019. Analisis profil gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru, 1(8), 9–25.

Puspitasari Verdiana, Rufi’i, & Adi Walujo Djoko. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran Bipa Di Kelas Yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and development, 8(4), 310–319.

Sabriadi, H. R., & Wakia, N. 2021. Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Adaara: Jurnal Manajemen …, 11(2), 175–184.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Subhan. (n.d.). 2022. Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Melalui Lokakarya DI SMPN 3 PONTIANAK.

Syahputra, E. (2018, December). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Humaniora dan Pendidikan (QSinastekmapan) (Vol. 1).

Tomlinson, C. A. 2001. How To Differentiate instruction in mixed-ability classrooms. Association for Supervision and Curriculum Development.

Yanti, N. S., Montessori, M., Nora, D., & Rafel, P. 2020. PEMBELAJARAN IPS BERDIFERENSIASI DI SMA KOTA BATAM, 203–207.