Identifikasi Bahaya Fisik, Mekanik, Kimia dan Risiko

Main Article Content

Fitra Isna Utami
Sugiharto Sugiharto

Abstract

Abstrak



  1. X merupakan salah satu perusahaan pengolahan kayu yang memiliki risiko besar terjadinya kecelakaan kerja. Mesin yang digunakan menggunakan listrik berteggangan tinggi sehingga dapat berisiko terjadinya arus pendek listrik atau konsleting dan menyebabkan kebakaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran potensi bahaya dan penilaian risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja di CV. X. Jenis dan rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, untuk mengambarkan potensi bahaya dan penilaian risiko. Instrumen yang digunakan adalah Form HIRARC, human instrument, lembar observasi, dan wawancara semi terstruktur menggunakan pedoman wawancara, dan penelaahan dokumen. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 5 orang. Data di analisis secara deskriptif kualitatif dengan metode content analysis (deskriptif isi) untuk menggambarkan potensi bahaya dan penilaian risiko.


Hasil menunjukkan pada proses produksi bagian gudang, Cutting dan Packaging di CV. X terdapat 27 penerapan dari 30 penerapan sebesar 90% yang tertulis pada dokumen HIRARC dengan 48 identifikasi bahaya dari masing-masing bahaya pada 3 bagian.


 


 


Abstract



  1. X is a wood processing company that has a high risk of work accidents. Machines that are used use high-voltage electricity so that there can be a risk of short-circuit or short-circuit electricity and cause a fire. The purpose of this study was to determine the description of potential hazards and risk assessment for Occupational Safety and Health in CV. X. The type and design of the study used in this study are descriptive qualitative, to illustrate the potential for hazards and risk assessment. The instruments used were the HIRARC Form, human instruments, observation sheets, and semi-structured interviews using interview guidelines, and document review. Informants in this study were determined by purposive sampling technique with a sample size of 5 people. Data were analyzed descriptively qualitatively using content analysis (descriptive content) methods to illustrate potential hazards and risk assessments.


The results show the production process of the warehouse, Cutting and Packaging section in CV. X there are 27 applications out of 30 applications of 90% written on the HIRARC document with 48 hazard identification of each hazard in 3 sections.


 


 

Article Details

How to Cite
Utami, F., & Sugiharto, S. (2020). Identifikasi Bahaya Fisik, Mekanik, Kimia dan Risiko. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 4(Special 1), 67-76. https://doi.org/10.15294/higeia.v4iSpecial 1.34581
Section
Articles