Kreativitas Guru Sejarah dalam Mengembangkan Media Pembelajaran pada SMA Negeri 1 Karangtengah dan SMA Negeri 1 Mranggen sebagai Sekolah Penggerak di Kabupaten Demak

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nur Aini Khasanah
Arif Purnomo

Abstract

Kemampuan lebih dari seorang guru dituntut dalam pembelajaran ketika sekolah itu ditetapkan sebagai Sekolah Penggerak karena manajemen yang dilakukan oleh sekolah itu lebih dibandingkan dengan sekolah lain. Guru harus bisa menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran sejarah dengan kreativitas yang dimiliki agar pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui media pembelajaran sejarah yang digunakan guru (2) menganalisis pengembangan media pembelajaran sejarah (3) menganalisis kendala-kendala yang dihadapi guru sejarah dalam mengembangkan media pembelajaran di SMA N 1 Karangtengah dan SMA N 1 Mranggen sebagai Sekolah Penggerak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan strategi studi kasus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bahwa (1) Dalam penggunaan media guru sejarah memperhatikan beberapa kriteria dalam pemilihan media yang akan digunakan (2) kreativitas guru sejarah dalam pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan mencari di internet serta dengan dua pola yaitu pola sendiri dan pola kelompok. Media yang digunakan dalam pembelajaran sejarah mempunyai banyak manfaatnya (3) Kendala-kendala yang dialami dalam menggunakan media pembelajaran adalah sarana prasarana yang kurang mendukung, serta kendala-kendala dalam pengembangan media adalah waktu, penyesuaian media dengan karakteristik siswa, dan faktor keterbatasan penggunaan teknologi.


Kata kunci: pengembangan media pembelajaran, pembelajaran sejarah, Sekolah Penggerak


The ability of a teacher is demanded more in learning when the school is designated as a "Sekolah Penggerak" (Driving School) due to its management being more advanced compared to other schools. Teachers must be able to use and develop historical learning media with their creativity so that learning can be achieved to the maximum extent. The objectives of this research are (1) to identify the historical learning media used by teachers, (2) to analyze the development of historical learning media, and (3) to analyze the challenges faced by history teachers in developing learning media at SMA N 1 Karangtengah and SMA N 1 Mranggen as Sekolah Penggerak. The research method used is a qualitative method with a case study strategy. The results of the research show that (1) History teachers consider several criteria in selecting media for their use, (2) the creativity of history teachers in developing learning media is done by searching on the internet and using two patterns: individual pattern and group pattern. The media used in historical learning has many benefits, (3) The challenges experienced in using learning media are the lack of supportive facilities and infrastructure, and the challenges in media development are related to time, adjusting the media to the students' characteristics, and limited use of technology.


Keywords: learning media development, historical learning, Sekolah Penggerak

##plugins.themes.academic_pro.article.details##