- Abstract viewed - 929 times
- PDF downloaded - 1865 times
Affiliations
krisnawati kimia unnes
chemistry
Jumaeri Jumaeri
Affiliation not stated
Sri Wardani
Affiliation not stated
Sri Wardani
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- shofa Istiana, Jumaeri Jumaeri, Agung Tri Prasetya, Preparasi Arang Aktif Trembesi Magnetit untuk Adsorpsi Senyawa Tannin dalam Limbah Cair , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 1 (2020)
- Ervan Bagus Haditya, Jumaeri Jumaeri, Triastuti Sulistyaningsih, Penggunaan Zeolit A Termodifikasi HDTMA sebagai Slow Release Urea Fertilizer , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 1 (2020)
- Anita Rahayu, Triastuti Sulistyaningsih, Jumaeri Jumaeri, Peningkatan Kadar Etanol dalam Ciu dengan Metode Distilasi Adsorptif Menggunakan Zeolit Alam , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 2 (2020)
- Deta Sri Wardani, F. Widhi Mahatmanti, Jumaeri Jumaeri, Sintesis Zeolit dari Kaolin sebagai Carrier Amoksisilin , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 2 (2020)
- Vidya Putri Khavilla, Sri Wahyuni, Ari Fajar Riyanto, Jumaeri Jumaeri, Harjono Harjono, Preparasi dan Karakterisasi PP (Polypropylene) Termodifikasi LLDPE (Linear Low Density Polyethylene) dengan Teknik Pencampuran Biasa , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 3 (2019)
- Lukman Sucipto, Wawan Rustyawan, Jumaeri Jumaeri, Dante Alighiri, Sri Wahyuni, Pengaruh Temperatur dan Rasio H2/Hidrokarbo Menggunakan Katalis CoMo/γ-Al2O3 pada Hydrotreating Combined Gas Oil , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 3 (2019)
- Wening Dwi Prastiwi, Sri Wardani, Analisis Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik pada Model Pembelajaran Guided Inquiry Materi Asam Basa , Chemistry in Education: Vol 8 No 2 (2019): Terbit bulan Oktober 2019
- Iqnatu Nazila Amique, Jumaeri Jumaeri, Woro Sumarni, Endang Susilaningsih, PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM INOVATIF PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Apriliani Arifatul Afwah, Jumaeri Jumaeri, Sigit Priatmoko, Endang Susilaningsih, Pengembangan Media Blended Learning Berbasis Schoology pada Materi Larutan Penyangga , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- NAUFAL LINA AZMI, SRI NURHAYATI, SRI WARDANI, SIGIT PRIATMOKO, Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur HOTS Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur HOTS Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi
Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
Submitted: Sep 25, 2020
Published: Apr 27, 2021
Abstract
Partnership for the 21st Century Skills mengidentifikaskan bahwa peserta didik pada abad ke-21 harus mampu mengembangkan keterampilan kompetitif yang berfokus pada pengembangan ketrampilan berfikir tingkat tinggi atau higher-order thinking skills. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan instrumen tes two-tier multiple choice untuk mengukur HOTS peserta didi pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan four-D (4D) oleh Thiagarajan yang meliputi tahap: define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, angket, dan tes. Analisi data menggunakan analisis klasikal berrbantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menghasilkan instrumen tes yang valid dan realiabel. Hasil analisis HOTS peserta didik secara keseluruhan menunjukan 6,67% peserta didik termasuk dalam kategori HOTS tinggi; 41,67% rendah; dan 51,67% sangat rendah. Baik peserta didik maupun guru memberikan respon positif terhadap instrumen tes yang dikembangkan. Hal ini berdasarkan hasil rekapitulasi angket respon peserta didik yaitu sebanyak 94,67% peserta didik memberikan respon positif terhadap instrumen tes yang dikembangkan. Sedangkan hasil rekapitulasi angket respon guru didapatkan skor sebesar 50 dari skor total 56 dengan kategori sangat setuju.