- Abstract viewed - 1096 times
- PDF downloaded - 1500 times
Affiliations
Yunan Gumara Yudhistira
Universitas Negeri Semarang
Endang Susilaningsih
Affiliation not stated
Nuni Widiarti
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Umar Faruq Muttaqiin, Endang Susilaningsih, Murbangun Nuswowati, Pengembangan Instrumen Remidi Melalui Analisis Pemahaman Konsep Materi Asam-Basa , Chemistry in Education: Vol 8 No 2 (2019): Terbit bulan Oktober 2019
- ainun luthfiyah, Endang Susilaningsih, Pengembangan Instrumen Penilaian Collaborative Problem Solving Pada Materi Larutan Elektrolit Nonelektrolit Dan Analisisnya Menggunakan Rasch Model , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Rika Ayu Lestari, Endang Susilaningsih, Harjono Harjono, Sri Susilogati Sumarti, Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Berpendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Hidrolisis , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Harris Afriantono, Kasmui Kasmui, Kasmadi Imam Supardi, Endang Susilaningsih, PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PADA MATERI HIDROLISIS KELAS XI , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Iqnatu Nazila Amique, Jumaeri Jumaeri, Woro Sumarni, Endang Susilaningsih, PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM INOVATIF PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Utami Agustin, Endang Susilaningsih, Sri Nurhayati, Nanik Wijayati, Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Multiple Choice untuk Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Apriliani Arifatul Afwah, Jumaeri Jumaeri, Sigit Priatmoko, Endang Susilaningsih, Pengembangan Media Blended Learning Berbasis Schoology pada Materi Larutan Penyangga , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Oktaviony Tiara Kusuma, Endang Susilaningsih, Edy Cahyono, Eko Budi Susatyo, Pengembangan Bahan Ajar Materi Redoks Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual dalam Kehidupan Sehari-Hari , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Siti Ainun Hamidah, Kasmadi Imam Supardi, Endang Susilaningsih, Sri Wardani, Pengaruh E-Instructional Laboratory Berbasis Guided Inquiry pada Praktikum Hidrolisis Garam terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Naftalina Ulik Adhelia, Endang Susilaningsih, Kasmui Kasmui, Sri Haryani, Desain Instrumen Three Tier Multiple Choice Diagnostic Test Berbantuan E-Project Technology Untuk Analisis Pemahaman Konsep Siswa , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
Desain Instrumen Three Tier Multiple Choice Diagnostic Test Berbantuan E-Project Technology Untuk Analisis Pemahaman Konsep Siswa
Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
Submitted: Jun 3, 2021
Published: Jun 24, 2022
Abstract
Kebijakan belajar daring pada masa pandemi COVID-19 dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyebaran virus. Aspek pengetahuan sebagai poin evaluasi pembelajaran dinilai berdasarkan pemahaman konsep siswa ketika belajar daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen three tier multiple choice diagnostic test yang teruji kelayakan, validitas, dan reliabilitasnya. Metode penelitian menggunakan model 4D. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI dan XII SMAN 2 Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, lembar validasi, soal tes, lembar angket user response. Hasil validasi instrumen tes diperoleh rerata skor 32 dari skor 36 yang masuk dalam kategori sangat valid. Analisis kualitas instrumen menggunakan teori tes klasik pada uji coba kecil, uji coba besar, dan uji implementasi diperoleh estimasi reliabilitas berturut turut 0,8353; 0,8603; 0,8353. Rekapitulasi angket user response terhadap instrumen tes menunjukkan tanggapan positif. Profil pemahaman konsep pada uji coba 128 siswa diperoleh kriteria paham konsep 38%, paham konsep tidak percaya diri 3%, kurang paham konsep 4%, tidak paham konsep 16%, miskonsepsi positif 9%, miskonsepsi negatif 11%, dan miskonsepsi penuh 19%. Disimpulkan bahwa produk pengembangan instrumen Three Tier Multiple Choice Diagnostic Test Berbantuan E-Project Technology layak untuk analisis pemahaman konsep.