- Abstract viewed - 2330 times
- PDF downloaded - 8437 times
Affiliations
Siti Handayani
UNNES
Sri Mursiti
Affiliation not stated
Nanik Wijayati
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Kiki Feliana, Sri Mursiti, Harjono Harjono, Isolasi dan Elusidasi Senyawa Flavonoid dari Biji Alpukat (Persea americana Mill.) , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 2 (2018)
- Parpulungan Hutasoit, Nanik Wijayati, F. Widhi Mahatmanti, Reaksi Isomerisasi α-Pinena Minyak Terpentin dengan Katalis Zr-Zeolit Alam menggunakan Microwave , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 2 (2018)
- Apriza Marfina, Edy Cahyono, Sri Mursiti, Harjono Harjono, Sintesis Nanopartikel Emas dengan Bioreduktor Minyak Atsiri Kayu Manis (Cinnamomum Burmannii) , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 2 (2019)
- Tri Septiyaningsih, Edy Cahyono, Nanik Wijayati, Identifikasi Senyawa Minyak Daun Kari (Murraya koenigii) dan Kajian Reaksi Oksidasinya dengan KMnO4 , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 3 (2019)
- Rizka Ayu Melykhatun, F. Widhi Mahatmanti, Nanik Wijayati, Pengembangan Media Chemo-Edutainment (CET) Berbasis Intertekstual sebagai Media Pembelajaran Kimia SMA Kelas XI Materi Hidrokarbon , Chemistry in Education: Vol 8 No 2 (2019): Terbit bulan Oktober 2019
- Nanda Ayu Lestari, Nanik Wijayati, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Analisis Miskonsepsi Siswa Materi Asam Basa Menggunakan Two-Tier Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Utami Agustin, Endang Susilaningsih, Sri Nurhayati, Nanik Wijayati, Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Multiple Choice untuk Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Erlinda Eka Kurniawati, Sri Susilogati Sumarti, Nanik Wijayati, Murbangun Nuswowati, Pengaruh Project Based Learning Berorientasi Chemoentrepreneurship Berbantuan e-LKPD terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Wirausaha , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Lutfi Afifaturrochmah, Sri Susilogati Sumarti, Murbangun Nuswowati, Nanik Wijayati, ANALISIS HASIL BELAJAR DAN SELF EFFICACY BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA MENGGUNAKAN E-LKPD BERMUATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Nisa Fathin Muslimah, Sri Susilogati Sumarti, Sri Mursiti, Kasmui Kasmui, Desain Booklet Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Minat Belajar , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Desain Booklet Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Minat Belajar
Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Submitted: Aug 16, 2022
Published: Apr 28, 2023
Abstract
Sumber belajar di SMA N 2 Ungaran terbatas pada buku paket dan belum banyak menerapkan media atau teknologi sehingga dirasa kurang menarik bagi peserta didik. Hasil wawancara menunjukkan bahwa media pembelajaran yang disukai peserta didik adalah media yang memiliki variasi warna, tulisan, dan terdapat gambar yang menarik seperti gambar 3D. Pengembangan booklet berbantuan aplikasi Assemblr Edu diperlukan untuk mengatasi persoalan tersebut. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan media pembalajaran booklet berbantuan aplikasi Assemblr Edu yang layak, efektif, dan mendapat tanggapan baik dari peserta didik. Model pengembangan penelitian ini mengacu pada model pengembangan 3-D. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, tes, dan angket. Hasil validasi booklet diperoleh skor 133,67 untuk aspek materi dan 151,67 untuk aspek media yang keduanya termasuk kriteria sangat valid, serta skor angket keterbacaan yaitu 80,97 dengan kategori baik. Hasil uji N-gain didapatkan skor 0,603 pada kriteria sedang, serta skor minat belajar 79,38 dengan kriteria tinggi. Booklet memperoleh tanggapan baik dengan skor 84,26 pada kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa booklet berbantuan Assemblr Edu layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan minat belajar, serta mendapatkan tanggapan baik dari peserta didik.