Abstract

Sumber belajar di SMA N 2 Ungaran terbatas pada buku paket dan belum banyak menerapkan media atau teknologi sehingga dirasa kurang menarik bagi peserta didik. Hasil wawancara menunjukkan bahwa media pembelajaran yang disukai peserta didik adalah media yang memiliki variasi warna, tulisan, dan terdapat gambar yang menarik seperti gambar 3D. Pengembangan booklet berbantuan aplikasi Assemblr Edu diperlukan untuk mengatasi persoalan tersebut. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan media pembalajaran booklet berbantuan aplikasi Assemblr Edu yang layak, efektif, dan mendapat tanggapan baik dari peserta didik. Model pengembangan penelitian ini mengacu pada model pengembangan 3-D. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, tes, dan angket. Hasil validasi booklet diperoleh skor 133,67 untuk aspek materi dan 151,67 untuk aspek media yang keduanya termasuk kriteria sangat valid, serta skor angket keterbacaan yaitu 80,97 dengan kategori baik. Hasil uji N-gain didapatkan skor 0,603 pada kriteria sedang, serta skor minat belajar 79,38 dengan kriteria tinggi. Booklet memperoleh tanggapan baik dengan skor 84,26 pada kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa booklet berbantuan Assemblr Edu layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan minat belajar, serta mendapatkan tanggapan baik dari peserta didik.